avatardisplay_general
DISITU
24 Jul 2018

Tips Menghindari Penipuan Gadai Mobil Cicilan

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180724/Tips Menghindari Penipuan Gadai Mobil Cicilan.jpg

Gadai mobil cicilan merupakan salah satu topik favorit di dunia pegadaian. Kondisi ini sering terjadi. Bagaimana seseorang mendadak terhimpit secara finansial, sementara dia masih memiliki tanggungan cicilan mobil. Jika tidak segera ditangani, masalah ini akan menjadi blunder. Mobil yang telah Anda cicil dengan susah payah, mendadak tersendat pembayarannya.

Tidak ada jalan lain selain menyekolahkan mobil ke gadai. Melalui uang penjaminan, kita berniat membayar cicilan mobil tersebut ke leasing. Kita tidak mempertimbangkan bahaya yang harus ditanggung. Misalnya seperti penipuan. Mobil yang kita gadaikan masih belum 100% sah milik kita. Tidak ada dokumen semacam BPKB atau STNK mendukung. Sehingga saat tiba-tiba mobil kita dibawa lari mitra gadai nakal, kita tidak dapat menuntut apa-apa. Sedih kan? Maka dari itu, cegah sebelum terjadi. Berikut ini kami beri tips menghindarinya.

Tips Menghindari Penipuan Gadai Mobil Cicilan

Mitra gadai yang baik tidak akan sembarangan menerima gadai mobil cicilan. Mereka tentu paham, mobil yang belum lunas secara hukum masih belum sah. Sehingga risiko legal yang ditanggung terlalu besar. Tapi masih terdapat pula. Mitra gadai yang memanfaatkan kondisi ini untuk mengeruk keuntungan dengan cara-cara haram. Supaya Anda tidak terkecoh, lakukan tips berikut :

1. Cek Pemahaman Mitra Gadai Bersangkutan

Rata-rata, mitra gadai yang menerima mobil cicilan memiliki aturan berbeda soal pengenaan bunga. Juga syarat-syarat tertentu seperti syarat pembayaran dan tipe mobil. Suatu mitra gadai yang menerima mobil cicilan biasanya menggunakan istilah “pinjaman take over”. Mitra gadai yang normal juga akan menetapkan syarat pelunasan barang. Misalnya mobil yang digadaikan minimal harus 80% lunas.  

2. Deteksi Program-Program Mitra Gadai yang “Menggiurkan”

Siapa bilang, semakin mudah program-program yang ditawarkan, maka suatu mitra gadai dianggap lebih baik? Nyatanya tidak demikian. Terdapat banyak gadai mobil menawarkan fasilitas selangit. Misal bunga 0%, tenor panjang, termasuk juga menerima mobil cicilan. Lakukan klarifikasi dengan mitra, apakah program tersebut telah dilangsungkan. Disertai bukti pendukung. Jika tidak mampu menjawab, Anda sebaiknya lebih waspada dengan mitra tersebut.

3. Minta Identitas Lengkap Mitra Gadai

Setiap mitra gadai pasti memiliki nama pemilik, identitas, status, termasuk alamat kantor. Sebelum memutuskan gadai, cek keaslian identitas tersebut. Jika memang semuanya benar-benar ada, maka Anda dapat memercayainya untuk “dititipi” mobil yang masih dicicil. Jika mitra berbadan hukum, cek statusnya di situs kepemerintahan Dan jika tidak, pastikan Anda benar-benar tahu siapa yang harus dituntut saat terjadi wanprestasi.

4. Cari Informasi Soal Legal Aspect Mitra Gadai

Legal aspect merupakan payung hukum yang digunakan melindungi mitra gadai. Bahkan mitra gadai yang mengaku berbadan hukum pun juga bisa berbohong. Banyak kejadian mitra gadai sudah dicabut izin operasinya. Namun tetap menancapkan plakat badan hukum di muka kantor. Sebelum mengambil keputusan gadai, pastikan mitra Anda memiliki badan hukum asli.

5. Ketahui Dengan Jelas Sekretariat Mitra Gadai, Termasuk Gudang Barang

Berkaitan dengan poin sebelumnya, sekretariat sebenarnya termasuk legal aspect. Namun bahasannya disendirikan untuk lebih menekankan krusialitasnya. Wajib bagi setiap mitra gadai go-public untuk mempublikasikan di mana lokasi sekretariatnya. Termasuk di mana ia menyimpan barang-barang gadai. 

6. Cek Keresmian Mitra Gadai di OJK Dan Telusuri Track Record Mitra Gadai

OJK pernah mengeluh bahwa mitra gadai yang mau mengurus ijin OJK masih sedikit. Padahal, izin resmi yang dilakukan OJK bertujuan memperjelas arus transaksi. Sehingga kemungkinan terjadinya penipuan bisa diminimalisasi di kedua belah pihak, mitra gadai dan nasabah. Jika di sekitar Anda terdapat mitra gadai berizin OJK, lebih baik Anda menjadikan mitra tersebut prioritas.

Track record mitra gadai bisa dicek dari segala sumber. Namun yang paling jelas adalah dari nasabah-nasabah lainnya. Tentang bagaimana prosedur gadai mobil yang masih dicicil dilakukan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu