DISITU
24 Apr 2018

Ulasan Mengenai Investasi Emas, Wajib Banget Buat Kamu Tau!

https://disituapi.azureedge.net/artikel/715 Ulasan Mengenai Investasi Emas Wajib Banget Buat Kamu Tau.jpg

Emas merupakan salah satu logam mulia yang sangat diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Bagaimana tidak? Pasalnya dengan bentuk menarik, logam mulia yang satu ini juga berhasil memikat perhatian banyak masyarakat. Selain itu, emas juga dikenal sebagai salah satu barang investasi yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Tapi perlu Anda ketahui juga, selain mempunyai kelebihan, berinvestasi emas pun juga mempunyai kekurangan. Jadi sebelum berencana ingin investasi emas, alangkah baiknya Anda mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan investasi emas.

Lalu Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas? Pada dasarnya setiap investasi apapun, tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berinvestasi emas pun juga sama, yaitu mempunyai kelebihan dan juga mempunyai kekurangan. Jadi untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan berinvestasi emas.

Keuntungan Berinvestasi Emas

Jika berbicara soal keuntungan dari berinvestasi emas, pasti tentunya Anda sudah pernah mendengar atau mengetahuinya. Pasalnya, sudah banyak masyarakat di luar sana yang sudah membuktikan atau mendapatkan keuntungan dari berinvestasi emas. Akan tetapi, jika Anda belum tahu keuntungan dari berinvestasi emas, berikut ini penjelasannya.

1. Mudah Di Cairkan

Wirausaha-Sukses

Keuntungan dari berinvestasi emas adalah dapat memberikan kemudahan buat para investor untuk dicairkan dalam bentuk uang tunai. Selain itu, cara untuk mencairkan emas menjadi uang tunai pun tergolong praktis dan cepat.

2. Dapat Melindungi Nilai Kekayaan

Wirausaha-Sukses

Anda ingin melindungi nilai kekayaan atau ingin kekayaannya tidak pernah hilang? Cobalah mulai sekarang lakukan investasi emas. Pasalnya, kecenderungan nilai harga emas setiap tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan seseorang, bisa dicerminkan dari nilai harga yang selalu mengalami kenaikan atau selalu stabil.

3. Investasi Jangka Panjang

Wirausaha-Sukses

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang sangat menggiurkan. Jadi buat Anda yang mempunyai rencana dalam jangka panjang, investasi emas bisa menjadi cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

Kekurangan Berinvestasi Emas

Tentunya ada kelebihan pasti juga ada kekurangan, sama halnya pada investasi emas. Ada beberapa kekurangan atau kelemahan yang mungkin bisa dialami oleh seorang investor emas. Untuk lebih jelasnya, langsung saja berikut ini 5 kekurangan atau kelemahan berinvestasi emas.

1. Risiko Kehilangan Yang Tinggi

Kekurangan dari berinvestasi emas yang pertama adalah resiko kehilangan yang sangat tinggi. Terutama buat Anda yang menjadikan emas dalam bentuk perhiasan yang sering digunakan sehari-hari. Selain itu, investasi emas dalam bentuk batangan dengan jumlah yang banyak juga sangat rawan resiko kehilangan.

2. Harganya Yang Fluktuatif

Walaupun kecenderungan harga emas selalu meningkat, akan tetapi peningkatan tersebut tidak terjadi pada setiap hari, dan memerlukan waktu tidak sedikit. Dibilang mempunyai kecenderungan peningkatan harga emas sendiri, karena tinjauannya dilakukan dalam jangka waktu beberapa tahun sekali.

3. Harganya Akan Melambat Saat Kondisi Ekonomi Stabil

Kekurangan dari berinvestasi emas lainnya adalah harga emas akan cenderung menurun ketika kondisi ekonomi stabil. Bisa jadi, dalam waktu-waktu ini terjadi inflasi yang menyebabkan kenaikan maupun penurunan dari harga emas. Jika, inflasi terjadi lebih rendah daripada perkiraan masyarakat sebelumnya, maka tidak menutup kemungkinan harga emas akan jauh lebih turun juga.

4. Investasi Dalam Jangka Panjang

Sudah hal pasti, jika investasi emas bukanlah salah satu pilihan yang cocok buat investor untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Pasalnya, fluktuasi harga emas yang besar tidak bisa menjamin para investor untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang sangat singkat.

5. Dampak Yang Sangat Kecil Pada Ekonomi

Perlu Anda ketahui juga, berinvestasi emas juga tidak bisa memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara nyata. Walaupun ada beberapa investor emas menggunakan keuntungan investasinya sebagai indikator pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka, keuntungannya digunakan untuk kepentingan pribadi masing-masing.

Bagaimana Solusi Mencegah Kekurangan Investasi Emas ?

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi emas di atas, pasti Anda masih bertanya-tanya lagi. Bagaimana solusinya untuk mencegah kekurangan tersebut? Pada dasarnya Anda bisa mencegah atau mengatasi masalah dari kekurangan saat berinvestasi emas. Yang terpenting Anda selalu jeli dan cermat kapan Anda mencairkan investasi emas tersebut.

Wirausaha-Sukses