avatardisplay_general
DISITU
17 May 2018

7 Kiat yang Wajib Diterapkan Usaha Kuliner Kaki Lima

https://disituapi.azureedge.net/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180517/823 Usaha Kuliner Kaki Lima Ini 7 Kiat yang Wajib Kamu Terapkan.jpg

Membuka usaha kuliner kaki lima memang terbukti mampu menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. Biasanya, usaha kaki lima akan lebih cepat berkembang karena lebih mudah diingat dan mendapatkan pelanggan yang setia. Tidak sedikit juga pengusaha kuliner yang sekarang ini mampu meraih tingkat kesuksesan tertinggi karena awalnya menekuni usaha kuliner. Akan tetapi perlu Anda ketahui, untuk merintis usaha kuliner kaki lima pun juga harus membutuhkan tips tertentu supaya kesuksesan dapat diraih. Lalu apa saja kiat sukses usaha kuliner kaki lima?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai kiat sukses usaha kuliner, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa itu usaha kaki lima. Dan Kenapa usaha kali lima saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan bisnis? Langsung saja simak penjelasannya.

Kenapa Bisa Dibilang Usaha Kaki Lima?

Pasti Anda sudah tidak asing kan dengan yang namanya usaha kaki lima. Tapi apakah Anda tahu kenapa bisa dibilang usaha kaki lima? Kenapa bisa dibilang usaha kaki lima, karena usaha yang satu ini dilakukan di tempat umum dengan menggunakan peralatan sederhana. Biasanya usaha kaki lima ini identik dengan tempat yang tidak permanen dan harganya sangat terjangkau.

Lalu, Kenapa Banyak Orang Memilih Melakukan Usaha Ini?

Saat ini usaha kuliner kaki lima memang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, bisnis usaha kuliner kaki lima ini memang sudah terbukti sangat menguntungkan. Hal tersebut, bisa dilihat dengan harga sewa tempat yang sangat terjangkau dan juga target pasaran pun sangat luas. Selain itu, untuk mencari pelanggan yang setia pun bisa dibilang sangat mudah dibandingkan dengan mencari pelanggan usaha bisnis lainnya.

5 Kiat Sukses Usaha Kuliner Kaki Lima

Jika sudah mengetahui pengertian kaki lima, maka saatnya kita kembali ke topik semula yaitu kiat sukses bisnis kuliner kaki lima. Langsung saja, berikut ini tips dan cara bagaimana agar sukses dalam menjalankan usaha kuliner kaki lima.

1. Tentukan Lokasi Usaha Yang Tepat

Wirausaha-Sukses

Lokasi memang menjadi salah satu faktor utama dalam menentukan kesuksesan dalam usaha kuliner kaki lima. Maka sebelum Anda memilih lokasi untuk dijadikan tempat usaha, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu mengenai izin usaha maupun biaya sewa. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan lokasi tersebut strategis atau tidak.

2. Tentukan Target Pasar

Wirausaha-Sukses

Tentukan siapa saja yang akan menjadi sasaran atau target pasar Anda, apakah anak kuliahan, pekerja kantoran, sopir, atau masyarakat umum. Dengan begitu, maka Anda bisa menentukan harga jual kuliner yang tepat dan sesuai daya beli jual yang layak. Alangkah baiknya, jika usaha kuliner kaki lima dibangun dengan target pasaran untuk semua kalangan agar mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Fokus Pada Tahapan

Tidak hanya gerai Waralaba terkemuka saja, usaha kaki lima pun juga bisa membuat cabang usaha di berbagai tempat. Akan tetapi perlu Anda ingat, jika bisnis kuliner kaki lima akan berkembang maju melalui proses maupun tahapan yang memerlukan waktu. Jadi, Anda jangan selalu tergoda untuk melakukan ekpansi bisnis dengan membuka banyak cabang di berbagai tempat sekaligus.

4. Membuat Menu Andalan

Wirausaha-Sukses

Sebelum memulai usaha kuliner kaki lima, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu tentang menu apa saja yang beredar di pasar. Jika sudah, maka pilihlah menu andalan Anda yang kiranya belum banyak dijual di pasaran tersebut. Hal tersebut berguna untuk mengurangi tingkat persaingan yang akan Anda lalui. Akan tetapi, pilihan menu andalan tersebut juga harus disesuaikan dengan target pasar atau sasaran.

5. Mempunyai Mental Tangguh

Wirausaha-Sukses

Agar kiat sukses usaha kuliner kaki lima, Anda tidak hanya memperhitungkan masalah teknis semata saja. Melainkan mental pengusaha kaki lima juga harus Anda bangun sejak awal mulai merintis, supaya tangguh terhadap masalah apapun. Banyaknya kendala yang mungkin dihadapi dan resiko menuntut seorang PKL harus mempunyai mental baja agar bisa bertahan dan terus berkembang.


cari-kredit-DISITU-pilihanmu