28 May 2018 00:00

Usaha Makanan Di Rumah yang Inovatif Untuk Pemula Wajib Coba

DISITU

https://images.disitu.com/A/Img/1805/180528/6 Usaha Makanan Di Rumah yang Inovatif Untuk Pemula Wajib Coba.jpg

Belakangan ini sudah mulai majunya usaha makanan rumahan yang hampir menguasai dunia usaha. Dengan peluangnya yang selalu terbuka lebar yang siapapun bisa memanfaatkan peluang tersebut. Untuk Anda yang tertarik juga bisa ikut bisnis makanan di rumah Anda. Namun sebelumnya ,Anda perlu mengetahui cara memulai bisnis makanan di rumah untuk usaha rumahan Anda. Diantaranya :

1. Modal Awal Membangun Usaha

Hal pertama yang perlu Anda butuhkan tentu adalah cara memulai usaha baru. Tentunya tidak lepas dari hal akan modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha. Modal memang penting dalam memulai usaha, tentu seberapa besar dari modal harus Anda siapkan dengan matang. Modal tidak akan bisa di kalkulasi dengan tepat. Bahkan tidak sesuai dengan apa yang diperhitungkan sebelumnya sampai usah Anda jadi.

Jadi, cara memulai bisnis makanan di rumah yang pertama tentang modal ini adalah harus seusai dengan usaha yang akan Anda jalani. Tentu untuk pendapatan modal bisa Anda mulia dengan menjual aset - aset penting Anda. Namun Anda juga bisa dengan meminjam-nya kepada teman, saudara, keluarga, dan siapapun asalkan mencukupi untuk memulai usaha Anda.

2. Target Penjualan / Pasar

Langkah berikutnya adalah target dari penjualan bisnis makanan Anda. Tentu tidak mungkin Anda tidak akan menyiapkannya terlebih dahulu. Hal ini adalah sebagai antisipasi untuk kemajuan usaha Anda yang baru dibuka. Target ini nantinya harus Anda pilih salah satu, banyak sekali pilihan target yang nantinya juga akan menjamin kelangsungan usaha Anda.

Target pasar / penjualan ini meliputi : umur, pendapatan, gaya hidup seseorang, bahkan sampai pekerjaan dan lainnya. Setelah Anda menentukan target, seperti Anda mengambil target anak - anak.  Dengan begitu Anda bisa menjual makanan yang tentunya mengundang konsumen anak - anak.

3. Pengelolaan Dapur Yang Tepat

Yang dimaksud disini ialah tentang pengelolaan masak - memasak. Dalam memasak tidak akan melupakan dengan hal bahan - bahan untuk memasaknya. Tidak mungkin tidak membutuhkan bahan untuk memasaknya. Dengan adanya pengelolaan dapur yang tepat seperti pengambilan bahan yang bagus dengan harga tidak terlalu mahal salah satunya. 

4. Promosi Yang Baik Dan Efektif

Karena usaha ini bidang makanan maka Anda tidak perlu pusing - pusing untuk mencari konsumen. Sebagai solusi pertama Anda bisa memasang banner di depan rumah Anda. Namun apabila langkah ini tidak cukup Anda bisa menggunakan promosi se-kreatif Anda.

Apabila usaha makanan Anda ini Katering Anda juga bisa menggunakan selebaran untuk menambah konsumen Katering Anda. Tidak hanya disitu saja, Anda juga bisa menambahkan Stiker untuk setiap pemesanan sekian yang nantinya juga bisa menjadi salah satu terobosan promosi usaha Anda.

5. Penentuan Harga

Harga memang menjadi kendala pertama orang untuk membeli selain kualitas. Penentuan harga ini bisa Anda hitung berdasarkan pembuatan makanan yang akan Anda pasarkan / jual.  Pembuatan makanan ini mencakup dari awal pembahasan sampai dengan proses pembuatan, pembungkusan dan pemasaran. Setelah ini terhitung maka Anda bisa menentukan harga jual.

Sebagai tips Anda bisa memilih tempat pengambilan bahan untuk makanan yang kiranya tidak terlalu mahal namun dengan kondisi yang bagus. Dengan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih disamping kualitas yang bagus tersebut. Dengan begitu Anda tidak akan takut kalah bersaing dengan usaha makanan yang lainnya.

6. Selalu Menjaga Reputasi

Ketika usaha sudah berjalan kebanyakan dari semua usaha yang ada jarang memperhatikan hal satu ini. Kebanyakan ketika usaha sudah membesar dan sukses. Maka langkah seterusnya adalah tidak menjaga reputasi makanannya. Terkadang berani mengurangi kualitas dari makanan demi menambah keuntungan di bisnisnya.

Apabila ini dilakukan dan dirasakan oleh konsumen, maka tidaklah mungkin konsumen akan pergi dari langganan Anda. Menjaga reputasi ini memang penting karena akan menambah pelanggan sekaligus menambah keuntungan Anda.