avatardisplay_general
DISITU
24 Aug 2018

Velodrome Jakarta, Lintasan Balap Sepeda Terbaik Se-Asia

https://disituapi.azureedge.net/A/Ast/1808/180824/velodrome/Velodrome Jakarta.jpg

Stadion Internasional Velodrome yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta tengah disebut-sebut sebagai stadion balap sepeda terbaik se-Asia. Fasilitas olahraga ini telah diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin pada tanggal 20 Maret 1973, dan direnovasi dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

Stadion ini direnovasi dalam waktu dua tahun terakhir dengan biaya kurang lebih Rp650 miliar. Tidak hanya menonjol dalam segi desain, kualitas arena ini pun sudah tidak diragukan lagi. Velodrome Jakarta juga mengusung konsep eco stadium yang ramah lingkungan.

Stadion Balap Sepeda Bertaraf Internasional

Velodrome merupakan stadion balap sepeda yang bertaraf internasional. Stadion ini dibangun di area dengan luas 11.908 meter persegi. Luas bangunan gedung ini sebesar 649 meter persegi dengan tribun tempat duduk yang dapat menampung 500 orang.

Sertifikat Terbaik dari UCI

Stadion ini telah mendapat sertifikat dengan klasifikasi tertinggi yang menetapkan stadion ini sebagai stadion balap sepeda terbaik se-Asia yang diterbitkan oleh asosiasi persatuan sepeda internasional atau Union Cycliste Internationale (UCI).  

Bahan Baku Import

Pembuatan lintasan balap sepeda menggunakan bahan baku kayu Siberia yang diimpor dari Jerman. Kayu Siberia ini memiliki karakter lebih empuk dan kering, sehingga aman bagi para pebalap sepeda indoor yang bisa menempuh kecepatan hingga 150 km per jam.

Fasilitas Lengkap

Berbagai fasilitas penunjung juga sudah dipersiapkan, seperti fasilitas bagi difabel, keamanan, pendingin udara, hingga berbagai keperluan untuk atlet.

Kontraktor Internasional

Kontraktor yang bekerja dalam pembangunan Velodrome ini adalah kontraktor dari perusahaan asal Inggris. Khusus untuk lintasan dikerjakan oleh kontraktor Jerman yang bernaung di bawah perusahaan Ralph Schuermann yang terdiri dari 12-14 orang.