avatardisplay_general
DISITU
30 Sep 2018

Waspada, 5 Penyakit Berbahaya Ini Intai Usia Produktif

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180930/Waspada,%205%20Penyakit%20Berbahaya%20Ini%20Intai%20Usia%20Produktif.jpg

Usia 20 sampai 30 tahun bisa dikatakan merupakan usia paling produktif dimana pada masa ini manusia memiliki banyak energi untuk melakukan pekerjaannya. Bisa dikatakan dalam periode inilah manusia akan mengerjakan banyak hal secara maksimal untuk mencapai kesuksesan.

Sayang pada masa ini pulalah sebenarnya Anda sedang menumpuk berbagai penyakit. Bukan tanpa alasan, beban pekerjaan, stres, dan terlalu memforsir diri tanpa diimbangi makanan bergizi membuat ketahanan tubuh lama-lama berkurang sampai akhirnya sakit.

Tidak hanya sakit seperti demam atau flu, beberapa penyakit berbahaya berikut juga sering menyerang usia produktif. Apa saja? Berikut ulasannya:

 

  1. Neuropati

Penyakit

Rasa pegal, kesemutan, dan kebas tentu pernah Anda alami saat kerja bukan? Terlebih bagi Anda yang bekerja di depan layar komputer, rasa tidak nyaman tersebut sudah jadi makanan sehari-hari. Namun jangan disepelekan, bisa jadi semua itu adalah gejala dari neuropati atau kerusakan saraf tepi. Penyakit ini umumnya disebabkan karena duduk pada posisi sama terlalu lama, mengendarai motor jarak jauh, serta menggunakan tetikus (mouse) pada komputer. Tidak boleh dibiarkan, pada tingkat yang sudah parah penyakit ini dapat membuat seseorang mengalami kelumpuhan.

 

  1. Diabetes

Penyakit

Penyakit yang sering dialami usia muda selanjutnya adalah diabetes. Penyakit yang timbul akibat kadar gula dalam darah terlalu tinggi ini bisa timbul karena kebiasaan duduk terlalu lama. Mengapa demikian? Duduk lama saat bekerja dapat membuat seseorang merasa bosan dan mengantuk. Untuk mengatasi hal tersebut kebanyakan orang akan memilih untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Gula yang terkandung dalam makanan dan minuman itulah yang lama-kelamaan menumpuk hingga menyebabkan diabetes. Karena itu jika Anda merasa ngantuk atau bosan saat bekerja ada baiknya membasuh wajah atau berjalan santai sejenak agar otot dan sel-sel tubuh menyerap gula dalam darah.
 

  1. Jantung

Penyakit

Penyakit jantung mungkin identik dengan orang lanjut usia. Namun seiring perubahan gaya hidup, penyakit ini justru banyak menghampiri usia produktif. Seperti yang dilansir dari Jawa Pos, penyakit jantung banyak dialami oleh usia muda akibat kurang bergerak dan pola hidup tidak sehat. Mudahnya mendapat sesuatu secara instan akibat kemajuan teknologi membuat masyarakat jadi malas bergerak. Hal itulah yang kemudian tanpa disadari

 

  1. Depresi

Penyakit

Pekerjaan yang dirasa terlalu berat seringkali membuat seseorang merasa stres. Jangan pernah mengabaikan perasaan yang satu ini sebab stres yang berkepanjangan dan dibiarkan dapat berkembang menjadi depresi. Gejala yang harus Anda kenali antara lain kesulitan tidur atau tidur terlalu banyak, sulit fokus, kehilangan gairah terhadap hal-hal yang disukai, merasa kosong/ hampa, dan merasa tidak ada harapan lagi. Jika Anda atau orang terdekat terlihat memiliki gejala ini, segera bawa ke instalasi gawat darurat untuk mendapat pertolongan.

 

  1. Masalah Pencernaan

Penyakit

Terlalu sibuk dengan segudang pekerjaan seringkali membuat seseorang jadi lupa makan. Akibatnya asam lambung meningkat dan menyebabkan masalah pencernaan seperti maag. Selain maag penyakit yang sering dialami akibat kurang memperhatikan makanan adalah diare, gastritis, dan sembelit.