avatardisplay_general
DISITU
13 Jul 2018

5 Ciri Penyewa Yang Berpotensi Gadaikan Mobil Rental

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180713/Waspadai Ciri Ciri Penyewa Yang Berpotensi Gadaikan Mobil Rental.jpg

Usaha rental mobil menjadi salah satu usaha yang cukup berkembang. Terutama di daerah-daerah wisata yang memang berpotensi untuk mengembangkan usaha rental mobil. Tak heran jika banyak kemudian pengusaha yang merambah ke bisnis yang satu ini. Tapi, pemilik bisnis rental mobil harus waspada. Ini karena banyak kasus mobil rental yang dibawa lari penyewa bahkan ada yang penyewa yang nekat gadaikan mobil rental. Kasus gadai mobil rental ini bukan hanya sekali dua kali terjadi. Namun, cukup sering terjadi. Tidak hanya satu mobil yang menjadi sasaran. Ada yang nekat menggadaikan hingga puluhan mobil. Untuk Anda pemilik rental mobil ciri-ciri pelaku berikut ini harus Anda waspadai saat menyewakan mobil.

1. Menyewa Dalam Jangka Lama

Hal yang pertama perlu Anda ingat adalah biasanya pelaku memiliki modus untuk menyewa mobil dalam jangka waktu yang cukup lama. Sewa mobil biasanya berlangsung lebih dari sehari hingga bulanan. Ini untuk memudahkan pelaku dalam membawa kabur mobil. Jika sehari hilang tentu pelaku akan lebih mudah dilacak. Namun berbeda jika dalam masa sewa lama. Sehingga pelaku dapat terlebih dahulu kabur cukup jauh. Jadi Anda harus memastikan jika mobil Anda yang akan disewakan dalam jangka waktu lama benar-benar aman.

2. Biasanya Lancar Di Awal

Modus kedua pelaku adalah biasanya memiliki pembayaran lancar di awal persewaan. Jadi pelaku umumnya melakukan perpanjangan sewa dari sewa awal yang disepakati. Dalam beberapa kali masa pembayaran akan lancar. Namun, Anda perlu melihat pembayaran-pembayaran selanjutnya. Seringkali pembayaran menjadi molor. Bahkan dalam banyak kasus di pembayaran ke sekian kali pelaku akan hilang membawa kabur mobil Anda. Tetapi, ada juga kasus dimana pelaku hanya membayar DP untuk sewa mobil kemudian kabur membawa mobil yang ia sewa. Untuk itu Anda harus mewaspadai penyewa yang memperpanjang mobil terus menerus. Kecuali jika penyewa sudah Anda kenal baik. Meskipun ada kasus yang ternyata penggelapan mobil rental justru dilakukan oleh orang terdekat korban.

3. Identitas Tidak Jelas

Ada banyak modus dari pelaku yang nekat gadaikan mobil rental. Biasanya pelaku-pelaku ini memiliki ciri identitas yang tidak jelas. Karena ada kemungkinan pelaku menyewa mobil di berbagai rental dengan identitas yang berbeda-beda. Tujuannya tentu untuk mengelabuhi pihak rental. Sehingga pelaku memiliki banyak identitas. Kadang pelaku dari pencurian mobil rental ini berkomplot. Tujuannya adalah agar bisa memberikan identitas yang berbeda-beda untuk tiap tempat rental mobil. Bahkan satu pelaku biasanya menyewa hingga dua mobil atau lebih dari satu rental yang sama. Pihak rental harus mewaspadai pelaku yang memiliki identitas mencurigakan. Selain itu harus ada verifikasi data yang pasti terkait dengan penyewa rental. Ini adalah salah satu bentuk langkah pencegahan pada pencurian mobil rental.

4. Susah Dihubungi

Keempat ciri dari pelaku biasanya adalah susah dihubungi. Mungkin dalam tahap awal pelaku akan mudah dihubungi. Pembayaran sewa juga akan lancar, namun banyak kasus yang dimana saat mendekati waktu pencurian pelaku akan semakin susah dihubungi. Ini akan berujung pada hilangnya kontak antara pihak rental dengan pelaku. Bahkan tak jarang ada pelaku yang nekat menghilangkan GPS dari mobil yang dibawanya kabur. Tujuannya tentu agar mobil dan pelaku tidak terlacak.

5. Menghilang Setelah Lewat Masa Sewa

Terakhir yang harus Anda segera laporkan adalah penyewa yang telah melewati masa sewa. Sebaiknya Anda segera melaporkannya apabila mobil yang Anda sewakan tidak kunjung kembali setelah melewati masa sewa. Apalagi jika ternyata pihak penyewa tidak dapat dihubungi dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Selain itu tidak adanya konfirmasi bagi penyewa juga harus Anda pertimbangkan. Jika ini terjadi segera konsultasikan dengan pihak berwajib.

Ciri-ciri di atas menjadi ciri pelaku penggelapan mobil rental yang harus Anda waspadai. Biasanya pelaku nekat gadaikan mobil rental hingga ada juga yang nekat menjualnya. Kasus-kasus ini menjadi hal yang harus Anda waspadai. Karena tidak sedikit kasus seperti ini terjadi. Jangan sampai kasus penggelapan mobil rental juga menimpa Anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu