DISITU
06 Jul 2018

Waspadai Terjebak Praktik  Rentenir Ketika Melakukan Gadai Mobil Tanpa BPKB

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1807/180706/Waspadai Terjebak Praktik Rentenir Ketika Melakukan Gadai Mobil Tanpa BPKB.jpg

Biasanya kendaraan dalam proses kredit belum bisa diambil BPKB-nya. Padahal ketika dalam kondisi mendesak gadai kendaraan seperti mobil dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi kebutuhan dana Anda. Tapi, jangan khawatir karena saat ini banyak tempat yang menyediakan gadai mobil tanpa BPKB untuk Anda yang dalam masa kredit. Meskipun menggadaikan mobil tanpa BPKB biasanya lebih menguntungkan nasabah, namun Anda harus mewaspadai praktik rentenir dalam proses gadai ini. Sebaiknya Anda memilih tempat gadai yang terpercaya untuk menghindari Anda terjebak dalam praktik rentenir saat ingin menggadaikan mobil tanpa BPKB.

Daftar Kerugian Memilih Gadai Mobil Kepada Rentenir

Meskipun terkenal dengan proses pengajuan dananya yang relatif cepat, ada banyak kerugian semisal Anda terjebak di dalam praktik rentenir.

1. Bunga Mencekik

Tentu sudah menjadi rahasia umum jika rentenir memberikan bunga yang mencekik bagi peminjam dananya. Bunga ini tidak tanggung-tanggung jika dibandingkan bunga di penyedia gadai resmi. Selain itu bunga yang diberikan pun tidak wajar. Sehingga pada akhirnya membelitkan peminjam pada hutang yang tak kunjung usai. Namun, karena terdesak kebutuhan biasanya pihak peminjam tidak memikirkan dampak dari bung ayang mencekik ini.

2. Tenor Tidak Wajar

Jika dibandingkan penyedia gadai terpercaya, tenor gadai pada rentenir cenderung tidak wajar. Selain itu tidak ada pedoman pasti tentang tenor dalam gadai. Bisa jadi waktu pinjaman cukup lama, namun dapat juga terlalu sebentar. Jadi Anda tidak bisa memperkirakan kapan tenor pinjaman untuk barang tertentu. Ini akibat dari pengelolaan gadai yang tidak profesional.

3. Kurang Aman

Selain dua hal yang disebutkan di atas sebenarnya melakukan gadai pada rentenir cenderung kurang aman. Hal ini karena tidak adanya regulasi pasti yang mengikat antara pihak peminjam dengan penyedia dana. Jadi Anda bisa bayangkan jika melakukan gadai mobil tanpa BPKB di rentenir. Bisa jadi, keamanan mobil yang Anda gunakan sebagai agunan tidak terjamin. Apalagi jika tidak ada peraturan pasti yang mengikat tentang keamanan agunan.

4. Tidak Terikat Hukum Pasti

Ada berbagai hal yang tidak terikat hukum dalam praktik rentenir. Memang hadirnya praktik penyedia dana yang satu ini melalui jalur ilegal. Meskipun ada praktik rentenir yang menggunakan perusahaan untuk mengelabuhi calon peminjam. Karena datang dari jalur yang tidak legal jalur gadai di rentenir juga tidak terikat hukum yang pasti. Berbeda dengan gadai resmi yang memiliki beragam peraturan tertulis yang terjamin keamanan hukumnya. Sehingga ketika terjadi masalah pada saat transaksi atau terjadi masalah pada agunan yang Anda jaminkan tentu Anda tidak bisa mentutut. Kecuali dalam kasus tertentu.

5. Prosedur Tak Tentu

Tidak adanya pengelolaan yang profesional tentu berpengaruh pada prosedur pengajuan pinjaman. Jika biasanya ada prosedur pasti dengan mekanisme yang sistematis pada gadai resmi, berbeda halnya dengan gadai rentenir. Pada gadai rentenir prosesnya cenderung tidak tentu. Sehingga umumnya tidak sama antara satu peminjam dengan peminjam lainnya. Tidak hanya terkait prosedur pengajuan, namun prosedur lainnya juga mengalami hal yang sama. Seperti prosedur terkait pembayaran, tenor serta bunga yang dibebankan kepada peminjam. Lebih jauh tidak ada prosedur yang resmi tentang keamanan barang agunan yang dijaminkan pada pihak gadai. Ini akan membawa Anda pada poin tiga yaitu tidak adanya keamanan. Tidak hanya agunan Anda yang berpotensi tidak aman, namun juga Anda sendiri sebagai peminjam dana.

Kebutuhan biaya mendesak kadang membuat kita menempuh segala cara untuk memenuhi biaya tersebut. Salah satunya adalah melakukan gadai melalui rentenir. Mobil adalah  salah satu barang yang cukup sering digadaikan pada rentenir. Apalagi jika pihak peminjam ingin melakukan penggadaian mobil tanpa BPKB. Padahal dalam praktiknya gadai rentenir lebih banyak merugikan peminjam. Namun, kebutuhan mendesak dan banyak tempat gadai yang tidak menerima penggadaian mobil tanpa BPKB akhirnya peminjam memilih melalui jalur rentenir. Lima poin di atas seharusnya menjadi pertimbangan Anda ketika akan menggadaikan barang Anda pada rentenir. Sebaiknya pilih tempat gadai yang resmi dan terpercaya. Karena sebenarnya banyak tempat gadai resmi yang memberikan kemudahan, termasuk kemudahan melakukan gadai mobil tanpa BPKB.