avatardisplay_general
DISITU
14 Jul 2018

Wirausaha Modal Kecil Hasil Melimpah Untuk Kamu

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201807/180714/11 Wirausaha%20Modal%20Kecil%20Hasil%20Melimpah%20Untuk%20Kamu.jpg

Mempunyai atau memiliki usaha sendiri tentu impian banyak orang, apalagi jika kita memulainya dengan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal. Mendapatkan penghasilan dari wirausaha tentu berbeda dengan pendapatan dari gaji. Sebagai wiraswastawan melakukan wirausaha tentu harus jeli melihat semua masalah dan peluang. Untuk menentukan jenis usaha saja harus jeli dan digali dari berbagai informasi. Banyak pemikiran yang menyatakan bahwa memulai wirausaha harus dengan modal yang besar, tentu pemikiran seperti ini tidak selalu benar. Tergantung jenis usaha apa yang akan kita kerjakan. Dan modal disini tidak selalu identik dengan uang, banyak sekali wirausaha modal kecil hasil melimpah. Inilah 6 panduan berwirausaha modal kecil hasil melimpah.

1. Pola Pikir Atau Mindset

Wirausaha

Dalam berwirausaha pola pikir adalah modal utama. Apa itu pola pikir? Adalah kerangka berpikir yang akan mempengaruhi pola kerja. Hal ini mutlak diperlukan sebagai seorang wirausahawan, tanpa pola pikir yang baik dan benar tidak mungkin akan berhasil. Pola pikir atau mindset seorang pengusaha tentu berbeda dengan pola pikir seorang karyawan. Seorang pengusaha punya visi dan misi yang jauh kedepan. Seorang pengusaha akan mempunyai perencanaan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

2. Menentukan Jenis Usaha

Wirausaha

Hal ini sangat penting bila kita ingin membuka usaha. Pilihlah jenis usaha yang mempunyai peluang yang bagus, pilihlah yang pesaingnya tidak terlalu banyak atau bahkan yang tidak mempunyai pesaing. Dan jangan lupa sebaiknya jenis usaha tersebut sesuai dengan minat kita.

3. Melihat Tren

Wirausaha

Mencermati tren yang berkembang saat ini sangat diperlukan bagi seorang pengusaha, karena ini akan menyangkut pada perkembangan usaha yang dijalankan. Apabila kita mengikuti tren yang ada maka besar kemungkinan usaha yang kita jalankan akan mengalami peningkatan yang berarti. Sebagai contoh apabila kita berjualan tas wanita maka kita harus mengikuti tren atau model tas terbaru yang sedang digemari.

4. Hobi Atau Kegemaran

Wirausaha

Kadang kita tidak menyangka bahwa hobi yang kita jalankan dapat menghasilkan uang. Seyogyanya usaha yang kita jalankan sesuai dengan hobi kita mengapa? Karena dengan hobi maka kita akan menjalankan usaha ini dengan senang hati yang pada akhirnya akan berimbas pada kualitas produk kita dan menghasilkan uang yang berlipat ganda atau memperoleh keuntungan yang besar. Bila kita memiliki usaha yang sesuai hobi maka wirausaha modal kecil hasil melimpah.

5. Perencanaan Yang Matang

Wirausaha

Suatu usaha akan berjalan sesuai keinginan kita bila kita telah merencanakannya dengan matang.

  • Perencanaan tertulis. Membuat perencanaan tertulis sangat penting agar pikiran dan hati jadi mengerti keinginan kita. Rencanakan dengan matang mulai dari modal, pemasaran sampai produk yang akan kita jual.

  • Tujuan. Tentukan Tujuan yang akan dicapai. Membuat tujuan akan memudahkan kita membuat rencana – rencana kecil sehingga tujuan yang akan kita capai dapat diwujudkan.

  • Tentukan tugas dan tanggung jawab. Untuk menentukan ini bisa dibuat Job Description sesuai dengan perencanaan bulanan atau tahunannya.

  • Tentukan Prioritas. Agar sesuai dengan perencanaan dan berjalan dengan baik selalu tentukan prioritasnya. Sehingga akan lebih efektif dan tidak mengganggu pekerjaan yang lainnya.

  • Lakukan evaluasi. Selalu lakukan evaluasi pada daftar yang telah kita buat dan pada pekerjaan yang telah kita lakukan agar kita bisa mengetahui kesalahan yang terjadi serta dapat meningkatkan produktivitas.

  • Segera lakukan atau do it. Apabila kita sudah mengerjakan semua hal di atas maka sebaiknya kita segera memulai wirausaha modal kecil hasil melimpah ini. Dengan segera memulai usaha ini berarti kita mempercepat untung yang kita dapatkan.