avatardisplay_general
DISITU
22 Aug 2018

Wisata Kesenian, Berwisata Sambil Menambah Ilmu

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1808/180822/Wisata%20Kesenian.jpg

Berjalan-jalan sambil belajar tentunya merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Disamping beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari, kegiatan ini juga dapat mendorong kita untuk terus mempelajari hal-hal yang ada disekitar kita. Pilihan terbaik untuk melakukan kegiatan ini adalah dengan mengunjungi galeri-galeri seni. Berikut adalah beberapa museum dan galeri seni yang ada di Jakarta.

  1. Art:1

img-responsive

Art 1 adalah museum seni yang didirikan pada tahun 1983 oleh Martha Gunawan, yang berada di Jalan Rajawali Selatan Raya No 3 Jakarta. Museum ini pada mulanya disebut sebagai Galeri Seni Mon Decor. Galeri ini memenangkan The Best Gallery of the Year pada 2010 dengan lebih dari 2.500 koleksi karya seni yang ada. Setahun setelah itu, Mon Decor berubah menjadi institusi seni yang bernama Art:1. Gedung ini terbagi menjadi dua, yaitu gedung Art:1 New Museum yang berisi karya-karya dari para seniman Indonesia, seperti Widayat, Anusapati, dan Made Wianta, dan Gedung Art:1 Artspace yang berfokus pada karya-karya kontemporer dari seniman dalam dan luar negeri seperti Syaiful Boen dan Aditya Noali.

  1. Artmosphere

img-responsive

Artmosphere merupakan Galeri yang didirikan pada tahun 2006 oleh Maya Sujatmiko, seorang akademisi seni dan professional. Galeri ini berada di Jalan Kemang Raya No 1 Unit 2, galeri ini berfokus pada seni modern, kontemporer dari bakat anak muda Indonesia yang berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Bandung. Galeri ini juga berfokus untuk mempromosikan karya seni baik di dalam maupun hingga luar negeri.

  1. BIASA Artspace

img-responsive

BIASA Artspace merupaka galeri yang didirikan oleh Susanna Perini pada tahun 2005. Pembangunan galeri ini bertujuan untuk menjembatani pertemuan antara para seniman muda di Jawa dan Bali. ArtSpace yang berada di Jalan Kemang Raya No 20 ini terus tumbuh menjadi wadah bagi para seniman untuk melakukan interaksi dengan public melalui karya-karya yang ditampilkan. Pameran yang dilakukan di galeri ini merupakan karya dari seniman di Bali dan Jakarta, atau bahkan hasil kolaborasi antar seniman dalam dan luar negeri.

  1. Galeri Edwin

img-responsive

Galeri Edwin didirikan pada tahun 1984, berawal dari ruang galeri dan studio fotografi di sebuah garasi.  Galeri ini merupakan salah satu galeri yang paling aktif dan tertua di Indonesia, dan selalu mempertahankan eksistensi seni yang ada. Para pengurus dari galeri ini tidak pernah berhenti melakukan berbagai usaha untuk membangun seni Indonesia sejak pertama kali galeri ini didirikan. Galeri yang berada di Jalan Kemang Raya ini telah berhasil menyelenggarakan lebih dari 150 pameran seni dan melahirkan lebih dari 200 seniman.

  1. Galeri Nasional

Img-responsive

Galeri Nasional Indonesia atau biasa disebut juga National Gallery of Indonesia adalah sebuah lembaga budaya negara yang beralamat di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat. Gedung ini berfungsi sebagai tempat pameran, dan penyelenggaraan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara. Gedung ini merupakan institusi milik pemerintah yang merupakan kewenangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Galeri Nasional bertugas untuk melaksanakan pengkajian, pengumpulan, pameran, perawatan, pengamanan, kemitraan, layanan edukasi dan publikasi karya seni rupa. Fungsi utama berjalannya aktivitas pada galeri ini adalah untuk melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan aset kesenian (seni rupa) sebagai fasilitas pendidikan dan kebudayaan.

  1. Dialogue

Img-responsive

Dialogue merupakan sebuah artspace dan café yang di gabung menjadi satu. Tempat ini menjual bebagai seni kerajinan tangan dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya menawarkan makanan yang enak, tempat ini juga menampilkan berbagai karya seni yang dapat dinikmati oleh para pecinta seni. Selain itu, desain dari tempat ini juga merupakan tempat yang cukup menarik dan instagramable untuk mengambil foto bersama teman-teman Anda.

  1. Suar Artspace

Img-responsive

Suar Artspace merupakan ruang seni yang didirikan oleh Monika Irayati. Artspace ini bertempat di Jalan Lebak Bulus I no. 55, menjadi satu bagian dari Erudio School of Art yang terbuka untuk umum. Tempat ini juga menjadi tempat berkumpul dan diskusi para pelaku seni dengan masyarakat umum tentang seni visual Indonesia. Tempat ini memiliki beberapa program yang siap hadir secara rutin, seperti Art in Progress, yaitu pameran yang diadakan setiap tiga bulan sekali, berupa proses karya dari seniman lintas genre yang bakal didokumentasikan dengan buku dan CD. Pameran Bulanan, yaitu pameran yang dilaksanakan oleh seniman-seniman muda lintas genre. Weekend wonder workshop, yaitu workshop bulanan dengan seniman dengan tematik tertentu. Show your idea, merupakan sebuah cerita presentasi dan diskusi bulanan mengenai proses dan ide dari seorang seniman. Serta Indonesian Art 101, adalah kelas terbuka untuk umum yang membahas seni dan desain mengenai pengetahuan, budaya, industri dan berbagai macam topik lainnya.

img-responsive