avatardisplay_general
DISITU
09 Apr 2018

Cara Pintar Membuat Kartu Kredit Pertama Kali

https://disituapi.azureedge.net/artikel/651 Cara Pintar Membuat Kartu Kredit Pertama Kali Wajib Kamu Tau.jpg

Pada kenyatanya, bank akan memberi persetujuan yang lebih mudah kepada mereka yang telah memiliki kartu kredit sebelumnya.

Namun jika Anda ingin berhasil, simak baik-baik artikel ini:

Sebagai Alat Transaksi Non Tunai Populer: Kartu Kredit

Wirausaha-Sukses

Sumber Gambar: (Uang Online)

Mungkin sudah lama Anda memanfaatkan jasa transaksi non tunai yang ditawarkan oleh kartu kredit. Alat transaksi non tunai yang satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat. Terbukti dengan semakin banyaknya bank yang berlomba-lomba untuk menawarkan kartu kreditnya, baik menggunakan iklan maupun gerai-gerai di mall. Tetapi sayangnya tidak semua orang dapat menggunakan kartu kredit dengan mudah. Misalnya saja bagi seseorang yang memiliki riwayat kredit kurang baik, tentunya pengajuannya kerap ditolak oleh pihak bank. Terlebih apabila Anda yang baru saja membuat kartu kredit untuk pertama kali.

Lalu bagaimana solusinya?

Jangan khawatir, DISITU.COM akan menjelaskan tips-tips untuk memperoleh kartu kredit pertama dengan mudah sebagai berikut ini:

  1. Memilih Bank yang Menerima Pengajuan Kartu Kredit Pertama

Umumnya, bank menolak pengajuan kartu kredit pertama karena kesulitan memverifikasi riwayat kreditnya. Namun kabar baiknya adalah masih banyak bank yang menerima pengajuan kartu kredit pertama. Apabila Anda adalah pengaju kartu kredit pertama, sebaiknya Anda memilih beberapa bank berikut ini:

Maybank Indonesia (sebelumnya Maybank BII)?

Maybank Indonesia umumnya menerima pengajuan kartu kredit pertama. Hal ini dibuktikan dengan beberapa persyaratan yang bisa dibilang cukup mudah, yakni sebagai berikut:

  • Telah berusia minimal 21 tahun,

  • Memiliki penghasilan minimal Rp3 juta.

Bagaimana, sangat sederhana bukan? Selain syaratnya yang mudah, kartu kredit dari Maybank juga memiliki keunggulan, antara lain cashback di beberapa supermarket dan SPBU saat Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit tersebut.

CIMB Niaga

Kartu kredit CIMB Niaga tentunya sangat menarik minat banyak pengguna kartu kredit. Bagaimana tidak? Kartu kredit yang satu ini menawarkan bebas iuran tahunan selama dua tahun pertama kepemilikan.

Hal ini sangat berpengaruh karena meski biaya iuran tergolong kecil, pembayarannya rutin dilakukan. Dengan bebas biaya iuran, Anda bisa memfokuskan dana bagi membayar kredit dan bunganya saja.

Bukan hanya itu, kartu kredit ini juga mudah diperoleh bagi pengajuan pertama. Adapun syarat yang berlaku dalam pengajuan kartu kredit CIMB Niaga adalah sebagai berikut:

  • Telah berusia 21-65 tahun,

  • Memiliki slip gaji atau pun surat bukti penghasilan beserta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Bank Mega

Bank Mega merupakan salah satu bank yang mempunyai persyaratan yang cukup mudah untuk pengaju kartu kredit pertama.

Terlebih kartu kredit ini memberikan banyak keuntungan, misalnya saja potongan harga sebesar 10% di supermarket Carrefour, yang telah bekerja sama dengan Bank Mega bagian dari Trans Corp.

Persyaratan umumnya juga tergolong mudah. Apabila Anda tertarik, segera hubungi Bank Mega terdekat untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

  1. Memastikan Riwayat Keuangan Baik

Meskipun belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya, Anda bisa saja memiliki kredit dalam bentuk lain.

Nah, apabila Anda ingin mengajukan kartu kredit dan diterima, maka Anda perlu memastikan bahwa riwayat keuangan Anda baik.

Dengan kata lain, tidak ada sejarah kredit macet atau gagal bayar apabila Anda pernah melakukan kredit sebelumnya, baik dalam bentuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit mobil atau motor, dan lainnya.

Pihak bank akan selalu mengecek riwayat kredit Anda dan melihat status Anda dalam blacklist Bank Indonesia sebelum menyetujui pengajuan kartu kredit Anda. Oleh karena itu, jangan sepelekan hal yang satu ini.

  1. Memilih Kartu Kredit yang Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam mengajukan kartu kredit, Anda juga tidak bisa sembarangan. Untuk dapat memaksimalkan pemanfaatannya, maka Anda perlu memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, carilah kartu kredit dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda manfaatkan. Sebagai contoh, apabila Anda belum menikah, tentunya kartu kredit yang memberi keuntungan berupa poin belanja di supermarket bukanlah sebuah tawaran yang menarik. Lain halnya jika Anda sudah menikah, belanja bulanan menjadi suatu aktivitas yang rutin dilakukan. Dengan kata lain, poin belanja supermarket tadi menjadi sebuah hal yang menarik karena sesuai dengan kebutuhan Anda. Segera hubungi customer service bank untuk menanyakan seluruh informasi terkait kartu kredit incaran Anda, seperti syarat dan berbagai keuntungannya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan situs-situs pembanding kartu kredit (financial aggregator) untuk mengetahui kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Mengisi Formulir dan Melengkapi Persyaratan dengan Baik

Tidak peduli seberapa baik riwayat kredit Anda atau seberapa baik kemampuan keuangan Anda, pengajuan kartu kredit akan tetap ditolak apabila Anda gagal melengkapi persyaratannya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi formulir dengan baik dan melengkapi seluruh persyaratan umum maupun dokumen yang diminta. Sebagai contoh, lihatlah beberapa persyaratan pengajuan kartu kredit di beberapa bank besar berikut ini:

Bank Mandiri:

  1. Fotokopi KTP,

  2. Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp3.000.000 per bulan,

  3. Fotokopi penghasilan,

  4. Fotokopi NPWP,

  5. Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, Dan bagi yang sudah memiliki kartu kredit, kamu harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

Bank Central Asia (BCA):

  1. Fotokopi KTP,

  2. Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp3.000.000 per bulan,

  3. Fotokopi bukti penghasilan,

  4. Fotokopi NPWP,Dan bagi yang sudah memiliki kartu kredit, kamu harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

Bank Nasional Indonesia (BNI):

  • Minimal 21 tahun untuk mengajukan kartu utama, usia minimum 17 tahun untuk kartu tambahan dan maksimal usia 65 tahun untuk mengajukan kartu utama dan kartu tambahan,

  • Penghasilan minimum setahun Rp36 juta per tahun,

  • Fotokopi KTP,

  • Fotokopi Bukti Penghasilan,

  • Fotokopi NPWP.

HSBC:

  • Usia pendaftar aplikasi kartu utama 21-60 tahun dan syarat kartu tambahan minimal 17 tahun,

  • Pendapatan minimal di Jabotabek sebesar Rp5 juta dan di luar Jabotabek sebesar Rp4 juta,

  • Fotokopi KTP,

  • Fotokopi Bukti Penghasilan,

  • Fotokopi NPWP.

Citibank:

  • Minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun,

  • Berpenghasilan minimal Rp60 juta per tahun.

Pengajuan Kartu Kredit untuk Non-Pegawai

Melalui beberapa persyaratan pengajuan kartu kredit tadi, diketahui bahwa umumnya Anda perlu memiliki penghasilan yang ditunjukkan dengan slip gaji. Oleh karena itu, banyak pula bank yang menerapkan syarat status kepegawaian yang jelas dalam pengajuan kartu kreditnya.

Namun bagi Anda yang bukanlah pekerja, jangan khawatir. Ada beberapa tips mudah yang bisa Anda aplikasikan agar permohonan pengajuan kartu kredit Anda dapat diterima oleh pihak bank penerbit.

Berikut cara-cara yang bisa Anda aplikasikan agar mempermudah pengajuan kartu kredit tanpa status kepegawaian:

  1. Memberikan Jaminan

Slip gaji merupakan sebuah dokumen yang dijadikan jaminan bagi bank untuk menjamin kemampuan keuangan Anda. Namun jika Anda bukanlah pekerja, Anda bisa memberikan jaminan lain. Bentuk jaminan lain yang bisa dipertimbangkan oleh pihak bank misalnya adalah bilyet deposito. Namun umumnya deposito haruslah berada dalam bank yang sama dengan pihak penerbit kartu kredit yang Anda inginkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat kartu kredit BII, Anda dapat mendepositokan sejumlah uang di bank tersebut sebagai jaminan.

  1. Memiliki Tabungan di Bank Terkait

Selain memberikan jaminan, biasanya kondisi keuangan Anda bisa dicek oleh bank dengan melihat alur kas Anda dalam beberapa bulan terakhir. Melalui alur kas yang tercantum di buku tabungan Anda, maka bank bisa melihat kesehatan keuangan Anda. Apabila keuangan Anda dinilai baik, maka akan lebih mudah pula bank memberikan persetujuan kartu kredit meski tanpa status kepegawaian.

Alur kas yang baik sendiri adalah alur kas yang bersifat aktif dan alurnya sehat. Dengan melihat pemasukan dan pengeluaran yang rutin dan sehat, maka kondisi keuangan Anda akan dinilai sehat. Namun lagi-lagi biasanya syarat tambahannya yakni tabungan dan seluruh alur kas harus berada dalam bank terkait.

  1. Mengajukan Kartu Kredit pada Bank sesuai Domisili

Memang tidak selalu kasus nasabah luar kota akan ditolak pengajuannya, namun sebaiknya Anda mengajukan kartu kredit pada bank sesuai domisili tempat tinggal Anda. Mengapa demikian? Karena dengan berada di kota yang sama, bank akan lebih mudah menjangkau Anda. Dengan demikian mereka menilai bahwa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda akan lebih mudah dihubungi. Meskipun domisili tidak ada hubungannya sama sekali dengan kemampuan finansial, sayangnya hal ini kerap menjadi pertimbangan pihak bank saat menyetujui pengajuan kartu kredit Anda.

  1. Meminta Bantuan Jasa Lembaga Keuangan atau Perorangan

Bagi Anda yang pengajuannya terus ditolak, Anda bisa mengakalinya dengan meminta bantuan jasa lembaga keuangan maupun perorangan. Jasa yang diberikan adalah pengajuan kartu kredit dengan kemungkinan diterima yang lebih tinggi. Anda bisa meminta bantuan secara online, misalnya via Line atau WhatsApp, sehingga selain kemungkinan diterimanya besar, Anda juga tidak perlu repot. Selain itu, banyak pula jasa marketing yang memang mencari target nasabah yang mengajukan kartu kredit. Terkadang malah mereka yang akan menghubungi Anda dan menawarkan pengajuan kartu kredit. Para marketing ini umumnya memperoleh komisi dari setiap pengajuan yang diterima bank, sehingga mereka sangat bersemangat dalam mencari calon nasabah.

Peroleh Kartu Kredit Pertama Anda dengan Mudah dan Cepat

Berdasarkan tips-tips di atas, manakah yang menarik perhatian Anda? Manfaatkan cara jitu tersebut sesuai kebutuhan Anda, dan peroleh kartu kredit pertama Anda dengan lebih mudah dan cepat. Apabila Anda memperoleh manfaat dari artikel ini, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman Anda yang juga sedang kesulitan mengajukan kartu kredit pertamanya.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu