avatardisplay_general
DISITU
09 Apr 2019

Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Nomor Kartu Kredit

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201904/190409/Banner/02 Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Nomor Kartu Kredit.jpg

Sebagai seorang yang modern, pasti anda sudah tidak asing lagi mendengar kata kartu kredit. Meskipun memiliki bentuk yang mungil, kartu yang satu ini memiliki sejuta manfaat untuk mempermudah transaksi yang dilakukan sehari-hari. Dengan limit sampai ratusan juta, pemegang kartu kredit dapat melakukan berbagai transaksi tanpa mengeluarkan uang tunai sebesar pun seperti belanja, membayar tagihan, bahkan untuk menarik dana tunai. Namun disamping itu, yang perlu Anda ketahui salah satunya adalah nomor kartu kredit.

Meskipun bersifat hutang atau pinjaman dari bank, banyak masyarakat yang tak ragu untuk menggunakan kartu kredit, sehingga banyak terjadi kasus terlilit hutang akibat penggunaan kartu kredit yang tidak bijaksana.

Baca Juga : Masih Belum Tahu Kegunaan Kartu Kredit? Cek Disini

Bentuk Fisik Kartu Kredit

Bentuk Fisik Kartu Kredit

Akibat dari maraknya kasus pembobolan kartu kredit, kini penerbit kartu kredit di Indonesia mulai menerapkan sistem chip untuk meminimalisir penyalahgunaan kartu kredit oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.  Bentuk kartu kredit terkini terdiri dari dua sisi yaitu bagian depan kartu kredit dan bagian belakang kartu kredit.

Bagian Depan Kartu Kredit:

  • Komponen pertama dari bagian depan kartu kredit adalah chip. Chip memiliki fungsi untuk mengenkripsi data pemilik kartu kredit sehingga lebih aman dari tindak kejahatan.

  • Komponen lain dari bagian depan kartu kredit adalah nomor kartu kredit yang terdiri dari 16 digit angka.

  • Nama pemilik kartu kredit

  • Nama penerbit kartu kredit

  • Masa berlaku

  • Komponen terakhir dari bagian depan kartu kredit adalah logo jaringan yang mana di Indonesia terdiri dari 5 jaringan yaitu Union Pay, BCA, JCB, Mastercard, dan VISA.

Bagian Belakang Kartu Kredit

  • Komponen pertama dari bagian belakang kartu kredit adalah magnetic stripe yang dapat digunakan apabila transaksi kartu kredit dilakukan di luar negeri.

  • Signature panel sebagai tempat dari pembubuhan tanda tangan oleh pemilik kartu

  • Nomor verifikasi yang terdiri dari tiga digit angka.

  • Alamat bank penerbit dan nama logo penerbit kartu kredit.

Baca Juga : Cara dan Keuntungan Dari Buat Kartu Kredit Online

Nomor Kartu Kredit

Nomor Kartu Kredit

Seperti yang kita ketahui bahwa kartu kredit memiliki nomor yang digunakan untuk identitas penting dari kartu tersebut. Nomor tersebut terdiri dari kombinasi algoritma yang telah terenkripsi dengan baik. Selain sebagai identitas, nomor kartu kredit juga berfungsi untuk melindungi kartu kredit dari berbagai tindak kejahatan seperti pembobolan dan pemalsuan.

Keunikan kombinasi nomor membantu dalam proses verifikasi keabsahan kartu dengan pemegang kartu kredit tersebut, sehingga kartu kredit memiliki nomor seri kartu kredit yang berbeda satu sama lain.

Nomor kartu kredit memiliki jenis font dan bentuk khas yang sangat sulit untuk ditirukan, sehingga memperkecil peluang para pelaku tindak kejahatan. Selain itu, serial nomor kartu juga digunakan untuk mempresentasikan identitas dari penerbit kartu kredit atau jenis kartu, seperti.

Nomor Awal Kartu

Kelompok Penerbit Kartu

0

ISO/TC 68

1

Perusahaan Penerbangan, Misal American Express

2

Perusahaan penerbangan dan lembaga terkait

3

Industri travel dan hiburan

4

Bank dan lembaga keuangan lainnya

5

Bank dan lembaga keuangan lainnya

6

Industri perdagangan dan bank

7

Industri minyak

8

Indsutri telekomunikasi dan lembaga terkait

9

Lembaga nasional

Untuk di Indonesia memiliki sedikit perbedaan karena seluruh produk kartu kredit diterbitkan oleh lembaga keuangan bank dan nonbank, sehingga serial nomor kartu yang digunakan memiliki nomor awal kartu 4 atau 5.

Kode Keamanan Kartu Kredit

Setiap data yang tersimpan di dalam kartu kredit merupakan informasi penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Untuk itu, perusahaan penerbit kartu kredit menciptakan kode keamanan yang biasa disebut Card Verification Value (CVV) atau Card Security Code (SCS). Setiap kartu kredit yang diterbitkan memiliki kode keamanan tersebut.

Hal tersebut dapat anda buktikan dengan mengecek bagian belakang kartu kredit, di sana anda akan menemukan tiga digit nomor verifikasi kartu yang berada di dekat pita magnetic berwarna putih tempat tanda tangan pemilik kartu kredit. Kode keamanan kartu kredit berfungsi untuk pengaman pada saat terjadinya transaksi tanpa melibatkan kehadiran fisik kartu kredit, transaksi secara online misalnya.

Ketika melakukan pembelian secara online, anda akan diminta untuk mengetikkan data pribadi, pembayaran online, dan tiga digit kode keamanan pada kartu kredit anda. Tiga digit kode keamanan ini berfungsi untuk meyakinkan penjual bahwa andalah pemilik kartu kredit yang sah.

Baca Juga : Modus Penipuan Kartu Kredit Yang Mungkin Mengincar Anda

Jaga Transaksi Kartu Kredit

Demikian sedikit informasi mengenai hal yang perlu anda ketahui mengenai nomor kartu kredit. Jika Anda sering menggunakan kartu kredit baik secara online atau melalui gerai / toko yang menerima pembayaran melalui kartu kredit, setiap transaksi perlu Anda jaga karena bisa saja nomor kartu dan kode keamanan sangat mudah tersebar luas  oleh pihak yang berkepentingan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.