avatardisplay_general
DISITU
25 Mar 2019

Modus penipuan kartu kredit yang mungkin mengincar Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190325/Banner/Modus penipuan.jpg

Kartu kredit memberikan banyak keuntungan bagi pemakainya. Dan itu yang menyebabkan banyak orang ingin memilikinya. Tapi yang perlu diwaspadai adalah tidak tergiur oleh banyak tawaran yang menjanjikan. Karena saat ini mulai maraknya penipuan kartu kredit yang sangat merugikan. Sekalinya tergoda, data pribadi Anda menjadi sasaran para penjahat. Jadi lebih hati-hati terhadap segala bentuk kejahatan yang mungkin saja sedang mengincar Anda.

Kenali Beberapa Modus Penipuan Kartu Kredit

Tak sedikit orang-orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan kondisi ini. Yaitu ketika masyarakat mulai beralih menggunakan kartu kredit. Kesempatan ini digunakan untuk menipu dan merampas semua uang yang ada didalamnya. Tentu bukan tidak mungkin lagi akan ada kerugian besar yang dirasakan. Agar tidak terjebak, Anda harus mengetahui berbagai modus penipuan kartu kredit yang umum dilakukan :

1. Menawarkan kartu kredit baru

Menawarkan kartu kredit baru

Apakah Anda pernah mendapatkan telepon mengenai pembuatan kartu kredit baru? Jika iya lebih baik mulai hati-hati karena Anda sudah jadi incaran penipuan kartu kredit. Modis ini dinamakan Phising dimana Anda akan dihubungi melalui telepon atau email. Setelah itu akan menawarkan pembuatan kartu baru dengan program yang sedang disediakan pihak Bank. Jika Anda terjebak maka mereka akan meminta semua data pribadi yang digunakan untuk membuka akun lama. Dan tentunya semua uang yang ada akan dibawa pergi.

Baca Juga : Persyaratan Pengajuan Kartu Kredit Agar Diterima

2. Penyadapan data secara langsung

Penyadapan data secara langsung

Anda perlu waspada mengenai penyadapan data secarang langsung. Ini dilakukan ketika Anda menggunakan kartu kredit baik saat belanja, ke restoran maupun untuk ambil tunai. Alat-alat penyadap biasanya akan dipasang pada mesin EDC. Sekalinya dilakukan transaksi maka semua data akan langsung terbaca. Kemudian Anda bisa menghindari jika adanya permintaan sampai berulang kali ketika melakukan transaksi. Karena bisa jadi itu merupakan bentuk pencurian untuk mengetahui akun Anda.

3. Adanya aplikasi yang mengambil data pribadi

Adanya aplikasi yang mengambil data pribadi

Sekarang ini jamannya teknologi bisa juga dimanfaatkan untuk kejahatan. Siapa sangka jika kartu kredit kita dapat dibobol hanya dengan sebuah aplikasi. Tentu ini bisa saja Anda alami jika tidak tahu menahu mengenai modus yang satu ini. Biasanya akan ada sebuah perintah yang mengharuskan Anda mengunduh sebuah aplikasi entah itu melalui inbox facebook, email ataupun Whatsapp. Jika anda berhasil mendownloadnya maka akan ada virus yang mencuri informasi data pribadi yang tersimpan di HP.

Baca Juga : Masih Belum Tahu Kegunaan Kartu Kredit? Cek Disini

4. Jasa pembuatan kartu kredit

Jasa pembuatan kartu kredit

Anda juga harus memperhatikan jasa yang menawarkan pembuatan kartu kredit. Jika memang Anda ingin membuatnya lebih baik datang langsung ke tempat bersangkutan. Agar jelas terlihat bahwa Bank tersebut menawarkan sesuai dengan yang disampaikan sebelumnya. Tapi berbeda jika hanya melalui komunikasi jarak jauh. Apalagi jika mengharuskan Anda membayar biaya administrasi dalam jumlah besar. Ini sudah jelas merupakan penipuan kartu kredit.

5. Hadiah yang menggiurkan

Hadiah yang menggiurkan

Dan terakhir yang juga sering terjadi yaitu pemberian hadiah yang menggiurkan. Anda akan dihubungi melalui telepon mengenai kejutan besar yang diperoleh. Seperti pemberian voucher belanja ataupun tiket perjalan. Jika Anda terpengaruh maka selanjutnya yaitu meminta data diri yang sangat rahasia. Jika mereka sudah mendapatkannya akan menjadi mudah mengetahui akun kartu kredit.

Baca Juga : Berbagai Promo Kartu Kredit yang Dapat Anda Nikmati

Lapor Ke Pihak Berwenang

Dengan mengetahui berbagai modus penipuan kartu kredit, Anda bisa lebih cermat menentukan mana yang dapat dipercaya. Tapi jika Anda sudah pernah mendapatkan modus kejahatan ini lebih baik selalu berhati-hati. Karena bisa saja suatu waktu akan kembali menghubungi Anda. Cara terbaik yaitu dengan melaporkan nomor penipuan sehingga dapat diatasi oleh pihak berwenang.