avatardisplay_general
DISITU
23 Mar 2019

Cara Melakukan Perhitungan Bunga Kartu Kredit

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190323/Banner/Cara melakukan perhitungan.jpg

Memakai kartu kredit berarti sudah siap dengan pembayaran cicilannya. Anda harus mengetahui berapa nominal yang dibayarkan setiap bulan. Tak hanya itu, ada biaya lain yang juga tak boleh terlupakan yaitu suku bunga. Anda bisa menanyakan berapa besaran bunga untuk setiap kali pemakaian. Karena setiap bank menetapkan ketentuan yang berbeda. Agar tidak salah menyiapkan dana untuk pembayaran lakukan perhitungan bunga kartu kredit sebagai acuan pembayaran berikutnya.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam perhitungan bunga kartu kredit?

Membuat perhitungan bunga kartu kredit membuat Anda harus lebih spesifik mengenai apa saja yang mempengaruhinya. Karena banyak sekali hal-hal yang menjadi faktor penentu kenaikan suku bunga. Ada juga biaya lainnya yang bisa menjadi bagian dari bunga dan ada juga yang tidak. Untuk itu Anda perlu tahu tentang faktor-faktor berikut yang mempengaruhi nilai suku bunga :

Baca Juga : Cara dan Keuntungan Dari Buat Kartu Kredit Online

1. Besaran bunga yang ditetapkan secara resmi

Besaran bunga yang ditetapkan secara resmi

Suku bunga bisa jadi berubah tergantung dari keputusan Bank Indonesia. Anda harus mengetahui berapa besaran kenaikan yang ditetapkan. Tetapi yang menjadi pembeda yaitu mengenai transaksi yang dipakai. Biasanya untuk transaksi retail dan tunai diberikan bunga berbeda hanya perbedaanya tidak signifikan. Tapi sedikitpun terjadi perbedaan tentu berpengaruh terhadap kenaikan cicilan. Biasanya Bank akan memberitahu Anda di awal pengajuan mengenai besaran bunga. Anda harus mengetahui apakah bunga akan selalu bertambah setiap bulannya atau tetap stabil.

Baca Juga : Trik Jitu Hindari Hutang Kartu Kredit

2. Biaya yang dibungakan dan tidak di bungakan

Biaya yang dibungakan dan tidak di bungakan

Untuk penentuan bunga juga ditetapkan berdasarkan biaya tambahan lain. Beberapa biaya yang menjadikan bunga bertambah yaitu ketika melakukan transaksi perbelanjaan. Jadi jika Anda ingin belanja banyak kebutuhan maka pikirkan terlebih dahulu bunga yang nanti akan didapatkan. Kemudian Anda yang ingin melakukan tarik tunai juga akan dikenakan bunga dalam proses pembayarannya. Dan ini juga akan terjadi ketika ada sisa tagihan yang belum di bayar di bulan sebelumnya.

Anda juga bisa membuat perhitungan bunga kartu kredit dengan mengetahui biaya-biaya yang tidak akan dibebankan untuk menjadi bunga tagihan. Biaya iuran kartu tidak akan bertambah tiap bulannya, kemudian biaya materai, biaya untuk denda keterlambatan, biaya untuk kenaikan limit jika Anda membutuhkan banyak pengeluaran. Dan masih banyak biaya lainnya yang tidak akan membuat Anda risau mengenai besaran bunga ini.

Baca Juga : Pilihan Pembayaran Kartu Kredit Termurah Untuk Anda

3. Faktor penyebab adanya bunga

Faktor penyebab adanya bunga

Anda juga harus mengetahui beberapa faktor penyebab adanya bunga untuk setiap cicilan bulanan. Jika pembayaran untuk bulan yang lalu ternyata tidak penuh atau hanya sampai batas minimum berarti Anda akan mendapatkan bunga di bulan berikutnya. Dan jika Anda juga terlambat dalam pembayaran atau sudah melewati jatuh tempo berarti tetap mendapatkan bunga. Untuk menghindari penambahan bunga lebih baik Anda mulai konsisten membayar tagihan secara utuh dalam waktu yang ditentukan. Juga hindari terlalu sering melakukan tarik tunai.

Contoh perhitungan bunga kartu kredit untuk tarik tunai

- Tanggal tarik tunai 5 februari sebesar 200 ribu

- Tanggal jatuh tempo 30 februari

- Tanggal cetak tagihan 10 februari

Perhitungan :  

6 (selisih hari penarikan dengan cetak tagihan ) × 2.25% ( bunga yang ditetapkan) x 12 x 200.000 = 887.6

Baca Juga : Perhitungan Pembayaran dan Simulasi Kartu Kredit

Kenali Biaya Tambahan Dan Faktor Lainnya

Dengan mengetahui semua biaya tambahan dan faktor lainnya, kini Anda tidak akan bingung mengenai bunga yang harus dibayarkan. Lakukan perhitungan bunga kartu kredit di bulan kedua agar bisa mempersiapkan cicilan sebelum jatuh tempo.