avatardisplay_general
DISITU
15 Mar 2019

Perhitungan Pembayaran dan Simulasi Kartu Kredit

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190315/Banner/Perkembangan teknologi perbankan.jpg

Perkembangan teknologi perbankan kini semakin menarik dan pastinya mendatangkan banyak pengalaman seru. Namun dari penggunaan kartu kredit ternyata masih menyimpan rasa penasaran di dalam hati banyak kalangan. Oleh sebab itu dalam hal simulasi kartu kredit harus lebih dioptimalkan kembali. Jangan sampai dalam pemakaian kartu kredit justru memberi efek kurang baik dan bisa merugikan banyak kalangan.

Untuk pemberian bunga dalam kartu kredit ternyata bisa menghadirkan kelipatan mencapai 3 - 4 kali dibandingkan bunga kredit biasanya. Meskipun terbilang besar, tetap saja peminat dari kartu kredit masih tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh sisi praktis dalam membeli barang di berbagai pusat belanja. Lalu seperti apa solusi dan simulasi dalam proses mencicil sebuah kartu kredit dengan benar?

Simulasi Cicilan Bulanan Tetap Kartu Kredit

Simulasi-Kartu-Kredit

Dalam proses mengamati simulasi kartu kredit ada beberapa hal yang wajib diperhitungkan mulai dari tanggal cetak tagihan, tanggal jatuh tempo, jumlah transaksi, tanggal transaksi, hingga besaran bunga, dan cicilan per bulannya.

Sebagai contoh simulasi pembayaran cicilan bulanan untuk kartu kredit dimana tanggal cetak tagihan jatuh pada tanggal 10, kemudian untuk tanggal jatuh temponya 25. Dengan jumlah transaksi mencapai Rp 2.500.000 kemudian dilakukan pada tanggal 2, maka dari besaran bunganya mencapai 2.95% setiap bulan. Bila dihitung total bunga sepanjang tahun bisa mencapai angka 35.40% per tahunnya.

Maka dari itu untuk perhitungan cicilan bulanannya bisa mencapai Rp 300.000 Rupiah setiap bulan. Dari simulasi kartu kredit tersebut sudah bisa dicermati lebih lanjut oleh siapapun. Sehingga proses membayar cicilan bulanannya juga tidak terlalu sulit.

Baca Juga : Kartu Kredit vs Kartu Debit, Mana yang Lebih Baik?

Hal Penting Dalam Membayar Cicilan Kartu Kredit

  • Waktu Pembayaran

Kartu-Kredit

Seperti kita tahu bahwa di dalam proses pembayaran cicilan kartu kredit memerlukan beberapa pemahaman terutama dalam hal membayar cicilan. Untuk waktu pembayaran cicilan sebaiknya jangan sampai terlambat dari tanggal terakhir. Karena nantinya akan ada denda keterlambatan berupa besaran bunga lebih tinggi.

Tidak hanya dari sisi denda keterlambatan saja, tetapi pada proses pembayaran tagihan akan masuk melewati tanggal jatuh tempo. Sehingga dari sisi besaran bunganya terbilang cukup tinggi. Maka dari itu diperlukan langkah antisipasi untuk dapat membayar tagihan kartu kredit setidaknya dalam jangka waktu 5 sampai 7 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

Baca Juga : Cara Pintar Membuat Kartu Kredit Pertama Kali

  • Besarnya Pembayaran

Simulasi-Kartu-Kredit

Untuk sebuah simulasi kartu kredit juga bisa diperlihatkan dengan berbagai metode. Namun hal penting di dalam pembayaran kartu kredit ada beberapa opsi bisa Anda pilih. Pertama ada pembayaran minimum ataupun minimum payment, kemudian pembayaran penuh atau full payment, dan terakhir pembayaran fleksibel dimana terdapat jumlah minimum hingga total tagihan barunya.

Jadi untuk setiap jenis pembayaran tersebut sanggup menghadirkan kemudahan bagi pengguna kartu kredit. Sedangkan dari sisi teknologi hingga kemudahannya sudah jelas bisa dijadikan pilihan tepat bagi pengguna kartu kredit. Nah, kalau Anda masih bingung soal pembayaran kartu kredit cobalah cek dari simulasi kartu kredit paling update.

Baca Juga : Trik Jitu Hindari Hutang Kartu Kredit

Cobalah untuk tidak mendapat masalah ketika masa jatuh tempo pembayaran angsuran kartu kredit tiba. Kebanyakan dari sistem pembayaran kartu kredit sudah semakin dimudahkan agar pemilik tidak mengalami hambatan dalam menjalankan semua peraturan hingga kebijakannya. Dari salah satu simulasi kartu kredit bisa kita cermati bahwa setiap pengguna kartu kredit masih memiliki potensi mudah untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Soal kemudahan transaksi jadi prioritas ditambah lagi untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Jadi sekali lagi jangan sampai proses pembayaran kartu kredit mengalami masalah.