avatardisplay_general
DISITU
22 Mar 2019

Simulasi kartu kredit BCA, perhitungan tepat untuk Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190322/Banner/simulasi kartu kredit.jpg

Bagi Anda yang akan membuat kartu kredit BCA penting sekali mempertimbangkan nominal yang akan diambil. Tidak hanya disesuaikan dengan kebutuhan tetapi harus dipikirkan mengenai biaya cicilannya. Jangan sampai Anda merasa tidak mampu membayar ketika sudah jatuh tempo. Untuk menghindari berbagai permasalahan yang terjadi lebih baik gunakan perhitungan simulasi kartu kredit BCA. Ini dapat membantu Anda mengetahui berapa besar angsuran perbulan dan apakah sesuai dengan pendapatan yang ada.

Beberapa hal yang harus dipahami ketika melakukan simulasi kartu kredit BCA

Untuk membuat simulasi kartu kredit BCA sebenarnya bisa dilakukan dengan langsung berkonsultasi. Nanti Anda akan diarahkan mengenai perhitungan bunga yang harus dibayar. Dengan begitu akan lebih jelas dan terarah tentang keputusan Anda untuk membuat kartu kredit. Tapi jika Anda ingin menghemat waktu bisa dengan memanfaatkan aplikasi online. Biasanya Bank sudah menyediakan aplikasi khusus pada website. Jadi setiap nasabah bisa langsing menggunakan kalkulator tersebut.

Dan berikut beberapa hal yang penting dipahami jika Anda akan membuat simulasi kartu kredit :

1. Ketetapan perhitungan bunga yang tepat

Ketetapan perhitungan bunga yang tepat

Bagi nasabah penting sekali untuk mengetahui kapan bunga mulai berjalan untuk ketentuan nominal cicilan. Dalam kartu kredit, perhitungan bunga sudah dimulai sejak pembuatan awal. Jadi pada hari itu pula sudah bisa ditentukan berapa persen bunga yang dikeluarkan untuk setiap angsuran. Kemudian Anda bisa menghitung besaran bunga untuk pembayaran bulan berikutnya.

Simulasi kartu kredit BCA untuk mengetahui besaran jumlah bunga dilakukan dengan melihat sisa tagihan bulan lalu yang masih menunggak. Nanti akan menambah persenan bunga yang harus dibayarkan. Jika tidak ingin pengeluaran lebih besar lagi. Maka sudah seharusnya untuk membayar setiap tagihan per bulannya. Dengan begitu tidak ada uang tambahan untuk selanjutnya.

Baca Juga : Masih Belum Tahu Kegunaan Kartu Kredit? Cek Disini

2. Beban bunga dalam transaksi pembelanjaan

Beban bunga dalam transaksi pembelanjaan

Bagi Anda yang hobi belanja penting mengetahui ketentuan besaran bunga yang didapatkan. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi mengenai biaya tambahan dalam cicilan. Yaitu bunga bisa jadi dibebankan karena Anda tidak melakukan pembayaran. Atau karena pembayaran Anda kurang dari total tagihan yang diberikan. Tapi bunga bisa juga tidak dibebankan jika Anda membayar total seluruh tagihan pada batasan waktu yang tepat saat jatuh tempo.

Dalam simulasi kartu kredit BCA, anda bisa melihat sisa tagihan yang belum dibayar. Nanti akan dibebankan untuk tagihan selanjutnya yang berarti jumlah bunga pun semakin besar. Jangan sampai cicilan uang belanja tidak Anda perhatikan karena jika mencapai limit kartu kredit tidak bisa lagi digunakan sebelum Anda melunasinya.

Baca Juga : Berbagai Promo Kartu Kredit yang Dapat Anda Nikmati

3. Perhitungan simulasi bunga kredit

Perhitungan simulasi bunga kredit

Anda bisa mencatat perhitungan untuk pembayaran kredit di bulan pertama. Untuk besaran bunga yang bertambah dilihat dari berapa lama dari pembukaan sampai jatuh tempo. Kemudian bunga yang dibayar berikutnya dilihat dari lamanya tanggal tagihan bulan sekarang ke bulan berikutnya. Dan Anda juga bisa mendapatkan potongan bunga jika lebih cepat melakukan pembayaran.

Contoh perhitungan bunga :

Jika bunga yang ditetapkan yaitu 3% maka untuk 1 tahun menjadi 36%. Anda memiliki tunggakan biaya sebesar 1 juta rupiah. Maka perhitungan ini cukup mudah dilakukan yaitu :

36% x 1.000.000 = 360.000

360.000 : 365 hari = 986.30

986,30 x 3% = 29,58

Baca Juga : Perhitungan Pembayaran dan Simulasi Kartu Kredit

Perhitungan Bunga Dengan Simulasi

Bagaimana mudah bukan untuk melakukan simulasi kartu kredit BCA? Dengan begitu Anda akan tahu besaran bunga yang didapatkan untuk pembayaran setiap bulannya.