18 August 2017 00:00

Mengelola Budget Pernikahan (1)

DISITU

17.kelola pernikahanmu dengan pinjaman dana pribadi non bank

Pada saat Anda dan pasangan Anda siap untuk berkomitmen dalam membangun rumah tangga, pernikahan sudah pasti menjadi salah satu target yang direncanakan. Tentu saja sebuah pernikahan harus direncanakan secara matang, karena momen berharga tersebut akan menjadi sebuah momen yang tidak akan pernah dilupakan dan momen bahagia itu hanya dapat dirasakan sekali seumur hidup.

Namun untuk mewujudkan sebuah pesta pernikahan yang berkesan, butuh dana yang tidak sedikit. Di posisi ini, kedua calon mempelai perlu saling terbuka dalam hal keuangan untuk memenuhi kebutuhan pesta pernikahan mereka. Bicarakan dengan baik dan matang mengenai budget pernikahan Anda. Jangan sampai pesta pernikahan Anda tidak sesuai harapan karena budget Anda terkuras pada hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Nah, kira-kira biaya apa saja yang harus dipersiapkan untuk sebuah pesta pernikahan?

 

1. Pemberkatan atau Akad Nikah

Biaya pemberkatan atau akad nikah tentu saja menjadi salah satu yang paling penting, karena proses ini merupakan hal sakral dan menjadi awal dari pernikahan yang sah. Melakukan pemberkatan atau akad nikah tentu membutuhkan biaya juga kan? Entah untuk pembelian mas kawin, ucapan terima kasih untuk pemimpin ibadat yang membantu, maupun perlengkapan-perlengkapan lainnya. 

2. Gedung Resepsi

Sebagian besar orang pasti akan melakukan resepsi pernikahan setelah pemberkatan atau akad nikah berlangsung. Gedung resepsi tentu dipilih sesuai dengan jumlah tamu undangan yang akan menghadiri pesta pernikahan. Bagi mereka yang merencanakan sebuah pesta besar dengan jumlah undangan yang banyak, gedung/tempat resepsi yang cukup luas cocok untuk dipilih. Namun bila pernikahan ingin diadakan secara sederhana dan dihadiri hanya oleh keluarga terdekat, sebenarnya biaya untuk gedung resepsi dapat diminimalisir dengan mengadakan resepsi pernikahan di rumah sendiri.

3. Wedding Organizer

Dalam melangsungkan pernikahan banyak konsep pernikahan yang bisa digunakan. Bisa menggunakan konsep tradisional dengan menggunakan tema adat tertentu (tergantung dari suku masing-masing mempelai), atau dapat menggunakan konsep yang modern. Selain konsep pernikahan, susunan acara pernikahan pun perlu dipikirkan. Akan sangat merepotkan jika Anda sendiri yang harus memikirkannya. Karena itu, jasa wedding organizer diperlukan untuk membantu Anda menyusun hingga memastikan acara yang direncanakan berjalan dengan baik. 

4. Katering

Salah satu biaya yang tidak boleh dilupakan adalah biaya untuk menghidangkan makanan bagi para undangan atau yang kita kenal sebagai biaya catering. Memang agak sedikit tricky dalam menentukan budget untuk biaya catering. Tentunya kita tidak ingin makanan yang dihidangkan tidak cukup untuk semua tamu undangan. Akan lebih baik jika catering yang disediakan diperbanyak beberapa porsi dari jumlah tamu undangan daripada jumlahnya kurang. Pilih catering yang baik dan berkualitas, agar pesta pernikahan Anda berkesan bukan hanya bagi Anda tapi juga bagi para tamu undangan.

5. Kartu Undangan

Hal yang satu ini juga tidak kalah penting, yaitu kartu undangan. Dengan kartu undangan Anda bisa memberitakan kabar baik pernikahan Anda dan pasangan Anda kepada teman-teman, keluarga, rekan dan lain-lain. Tidak heran banyak pasangan ingin kartu undangannya dibuat semenarik mungkin untuk meninggalkan kesan kepada para tamu undangan. Saat ini mungkin sudah banyak paket pernikahan yang menyediakan pembuatan kartu undangan, sehingga biaya kartu undangan bisa diminimalisir. Tetapi jika Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya membuat kartu undangan Anda terlihat lebih menarik dan berbeda.

Baca selengkapnya di "Mengelola Budget Pernikahan " bagian 2.