Temukan Produk Asuransi Secara Online

Keuntungan Pengajuan Melalui Disitu.COM

bandingkan

Bandingkan Penawaran Langsung dari Berbagai Perusahaan Finansial

pilih

Pilih Penawaran yang Diterima Dari Perusahaan Finansial

lacak

Lacak Situs Pengajuan

keamanan

Keamanan Data Pribadi

gratis

Gratis Layanan Konsultasi

Semua Mitra Disitu

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk mengarah pada tindakan, sistem, atau  bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain lain. Dari berbagai kejadian yang tak terduga yang dapat terjadi seperti meninggal dunia /  kematian, kerusakan, kehilangan, atau sakit akan mendapatkan ganti rugi berupa uang. Tetapi Anda wajib untuk membayar premi asuransi secara berkala dalam jangka waktu tertentu yang dihitung dengan menggunakan suku bunga yang berlaku dan harga kendaraan saat ini sebagai ganti rugi pemegang polis asuransi yang telah menjamin semua jenis perlindungan tersebut.

Prinsip Dasar Asuransi

Di dalam dunia, ada 6 prinsip dasar yang perlu dipenuhi, yaitu:

  • Insurable Interest

    Adalah hak untuk mengasuransikan, yang timbul dari suatu hubungan keuangan, antara tertanggung dengan yang diasuransikan dan diakui secara hukum.

  • Utmost Good Faith

    Adalah suatu tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap, semua fakta yang material (material fact) mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik diminta maupun tidak. Dimana si penanggung harus dengan jujur menerangkan dengan jelas segala sesuatu tentang luasnya syarat/kondisi dan si tertanggung juga harus memberikan keterangan yang jelas dan benar atas objek atau kepentingan yang dipertanggungkan. Dimana Anda berkewajiban memberitahukan sejelas-jelasnya dan teliti mengenai segala fakta-fakta penting yang berkaitan dengan obyek yang diasuransikan. Prinsip inipun menjelaskan risiko-risiko yang dijamin maupun yang dikecualikan, segala persyaratan dan kondisi pertanggungan secara jelas serta teliti.

  • Proximate Cause

    Adalah suatu penyebab aktif, efisien yang menimbulkan rantaian kejadian yang menimbulkan suatu akibat tanpa adanya intervensi suatu yang mulai dan secara aktif dari sumber yang baru dan independen. Dimana apabila objek yang diasuransikan mengalami musibah atau kecelakaan, maka pertama-tama dicari sebab-sebab yang aktif dan efisien yang menggerakkan suatu rangkaian peristiwa tanpa terputus sehingga pada akhirnya terjadilah musibah atau kecelakaan tersebut.

  • Indemnity

    Adalah suatu mekanisme dimana penanggung menyediakan kompensasi finansial dalam upayanya menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang ia miliki sesaat sebelum terjadinya kerugian (KUHD pasal 252, 253 dan dipertegas dalam pasal 278).

  • Subrogation

    Adalah pengalihan hak tuntut dari tertanggung kepada penanggung setelah klaim dibayar. Prinsip subrogasi diatur dalam pasal 284 kitab Undang - Undang Hukum Dagang, yang berbunyi: "Apabila seorang penanggung telah membayar ganti rugi sepenuhnya kepada tertanggung, maka penanggung akan menggantikan kedudukan tertanggung dalam segala hal untuk menuntut pihak ketiga yang telah menimbulkan kerugian pada tertanggung".

  • Contribution

    Adalah hak penanggung untuk mengajak penanggung lainnya yang sama-sama menanggung, tetapi tidak harus sama kewajibannya terhadap tertanggung untuk ikut memberikan indemnity. Dimana Anda dapat saja mengasuransikan harta benda yang sama pada beberapa perusahaan asuransi. Namun bila terjadi kerugian atas obyek yang diasuransikan maka secara otomatis berlaku prinsip kontribusi.

Manfaat Asuransi

Dengan memiliki produk ini, salah satu fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah perlindungan baik diri sendiri, orang orang kesayangan Anda bahkan harta barang yang Anda ingin lindungi sekalipun. Hal ini tentunya cukup menguntungkan dimana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya kesehatan yang besar untuk perawatan diri maupun harta benda Anda. Mudahnya membuat produk ini saat ini nyatanya tidak sebanding dengan kesadaran untuk memilikinya. Dianggap hanya investasi biasa banyak masyarakat masih enggan untuk melindungi diri, anggota keluarga, dan aset yang dimiliki. Padahal jika dilihat lebih dalam lagi, ada banyak sekali manfaat produk ni yang seringkali luput dan tidak disadari. Adapun manfaat produk asuransi yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Menghindari Risiko Kebangkrutan

    Alasan yang satu ini mungkin terasa tidak masuk akal. Bagaimana bisa asuransi ini mampu membuat orang orangnya terhindar dari kebangkrutan? Tentu bisa. Untuk melindungi bisnis dari resiko seperti kebakaran atau pengrusakan kepada pihak penanggung, Anda perlu memberikan produk ini pada aset seperti bangunan usaha. Coba bayangkan jika salah satu bangunan usaha dengan semua barang di dalamnya habis dilalap si jago merah. Tentu perlu biaya sangat banyak untuk membangun kembali. Kondisi tersebut akan semakin sulit jika ternyata Anda tidak memiliki tabungan atau cadangan dana. Tanpa perlindungan asuransi, besar kemungkinan Anda akan bangkrut. Karena itu ada baiknya memikirkan mulai sekarang tentang keuntungan dari produk ini.

  1. Mengurangi Beban Pikiran

    Bagi Anda yang memiliki kendaraan seperti mobil tentu akan sangat berhati-hati saat mengendarainya agar tidak mengalami kecelakaan. Namun sekalipun sudah berhati-hati tetap saja nasib buruk bisa datang sesekali. Jika tidak memiliki pemegang polis asuransi mobil, kerusakan pada kendaraan Anda tentu akan memberikan dampak finansial yang cukup besar. Tapi beda halnya jika Anda sudah memberikan perlindungan pada kendaraan, dimana akan memberikan perlindungan dan ganti rugi pada kendaraan kesayangan Anda. Anda akan lebih tenang dalam berkendara, tidak perlu panik, dan tidak khawatir saat meninggalkan kendaraan di rumah dalam waktu lama.

  1. Membantu Perbaikan Ekonomi Nasional

    Selain bermanfaat untuk diri sendiri, juga berperan penting dalam membantu meningkatkan perekonomian Indonesia. Semakin banyak orang orangnya untuk berasuransi maka investasi dan perputaran uang semakin besar sehingga dapat membantu perbaikan ekonomi. Jadi dengan memiliki produk ini, Anda juga turut membantu negeri ini loh.

  1. Mengurangi Risiko Beban Pihak Ketiga

    Salah satu manfaat asuransi tidak hanya mampu untuk diri sendiri, manfaat lainnya adalah turut untuk melindungi pihak ketiga dari kerugian yang mungkin dialami. Sebagai contoh jika suatu waktu Anda mengalami kecelakaan yang melibatkan orang orangnya, maka tidak perlu panik harus menanggung biaya kesehatan pengobatan pihak ketiga. Dengan memiliki produk ini, perusahaan asuransi akan membantu untuk menanggung seluruh baik biaya pengobatan Anda maupun pihak ketiga seluruhnya.

  1. Mengatasi Penurunan Harga

    Khusus untuk pemegang polis asuransi kendaraan, salah satu manfaat penting yang harus Anda sadari adalah dapat mengatasi penurunan harga kendaraan. Hal ini jelas sangat penting sebab semakin tua usia kendaraan maka harganya juga akan semakin turun. Tapi tidak perlu khawatir karena dengan memberikan perlindungan, pihak asuransi akan membantu untuk memberikan penggantian bagian mobil yang mengalami penurunan harga.

  1. Bonus di Masa Tua

    Seiring bertambahnya usia tentu kesehatan akan menurun sehingga tidak mampu lagi bekerja atau pensiun. Jika Anda pensiun di usia yang sudah seharusnya dan diberikan tunjangan dari pekerjaan, mungkin pembiayaan kehidupan tidak terlalu sulit. Tapi apa jadinya jika pensiun sebelum waktunya dan tidak memiliki tunjangan apapun? Salah satu diantaranya tentu anggota keluarga akan ikut kesulitan. Karena itu dengan memiliki asuransi produk ini, Anda secara tidak langsung telah memberikan sedikit ketenangan hidup tidak hanya tanggung jawab untuk diri sendiri tapi juga keluarga. Terlebih jika Anda adalah seorang kepala keluarga, memikirkan masa depan keluarga terlebih tanggung jawab terhadap anak dan anggota keluarga dengan proteksi menjadi hal yang sangat penting.

Jenis Produk Asuransi

  • Asuransi Mobil

    Asuransi mobil atau kendaraan merupakan produk perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi terhadap kendaraan Anda. Terdapat dua macam perlindungan yang diberikan, yaitu All Risk dimana memberikan perlindungan menyeluruh tanggung jawab terhadap kendaraan kesayangan Anda baik kerusakan kecil maupun besar dengan berbagai pilihan jenis perluasan yang ada dan TLO yang hanya memberikan ganti rugi terhadap kerusakan berat atau kehilangan kendaraan Anda.

  • Asuransi Perjalanan

    Asuransi perjalanan adalah asuransi yang memberikan perlindungan bagi Anda yang gemar melakukan perjalanan baik dalam atau luar kota bahkan sampai keluar negeri.

  • Asuransi Jiwa

    Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap tertanggung akibat tertanggung meninggal dunia. Pada asuransi jiwa ini, Anda akan membayar premi secara berkala kepada perusahaan asuransi dengan jumlah dan jangka waktu yang telah ditentukan sebagai kompensasi atas ganti rugi yang diberikan kepada pihak penerima manfaat (tertanggung).

  • Asuransi Kesehatan

    Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan perlindungan atau ganti rugi terhadap berbagai risiko kesehatan yang terjadi pada tertanggung. Asuransi Kesehatan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dengan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya kesehatan rawat inap di rumah sakit hingga perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit. Selain biaya kesehatan, saat ini juga menyediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan normal maupun sesar kepada pihak penanggung tertanggungnya dan bahkan ada yang menggabungkan antara asuransi kesehatan dengan asuransi jiwa.

  • Asuransi Pendidikan

    Asuransi pendidikan adalah asuransi yang memberikan jaminan biaya pendidikan dengan kepada anak, dimana biasanya orang tua akan bertanggung jawab membayar premi asuransi secara berkala untuk menjamin dan membayarkan biaya pendidikan mulai dari sekolah sampai kuliah sesuai dengan jumlah tabungan dan premi yang dibayarkan.

  • Asuransi Properti

    Asuransi properti adalah asuransi yang memberikan ganti rugi dan perlindungan kepada pihak penanggung pemilik properti seperti rumah dari risiko kehilangan, kerusakan, kebakaran, dan bencana alam dengan memberikan penggantian biaya perbaikan atau perawatan atas kerusakan atau kerugian yang terjadi.

Jaminan Asuransi

Berikut ini adalah jaminan dari asuransi:

  • Membuat hidup lebih tenang

  • Dapat menjadi sarana investasi

  • Berfungsi untuk meminimalisir kerugian

  • Memberikan perlindungan terhadap anggota keluarganya setelah meninggal dunia akibat kecelakaan

  • Memberikan kepastian untuk pembayaran hutang setelah meninggal dunia.

  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap risiko dan semua biaya kesehatan yang tak terduga

  • Memberikan perlindungan terhadap tuntutan hukum

  • Memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap kondisi cacat akibat penyakit atau kecelakaan

  • Memberikan perlindungan terhadap bisnis Anda dari berbagai gangguan bisnis dan hilangnya penghasilan akibat hal tak terduga

  • Untuk melindungi aset Anda

Cara Kerja Asuransi

Bisnis asuransi adalah bisnis mengambil alih risiko dari nasabah untuk ditanggung oleh perusahaan asuransi. Cara menutup risiko adalah dengan menggunakan akumulasi premi yang dibayarkan nasabah untuk menutup klaim nasabah yang mengalami resiko tersebut. Perusahaan yang bertindak sebagai penanggung resiko menggunakan akumulasi premi tersebut untuk menutup risiko membayar klaim pedagang yang terkena musibah. Sementara yang tidak terkena musibah tidak bisa menerima tanggungan dari perusahaan asuransi.

Berikut ini akan dijelaskan tahapan sederhana cara kerjanya antara lain

  • Mencari Calon Nasabah

    Perusahaan asuransi menawarkan produk dan mencari orang orangnya yang akan menjadi calon nasabah sesuai dengan kategori produk yang akan ditawarkan.

  • Mengumpulkan Premi

    Nasabah akan diberi jadwal pembayaran premi yang biasanya dilakukan setiap bulan. Melalui pembayaran premi ini maka jumlah uang dari setiap nasabah akan diolah guna mengatasi permasalahan yang dialami nasabah lain dan yang membayar klaim kepada perusahaan asuransi. Jadi, sistem yang dijalankan perusahaan asuransi adalah perputaran uang dari nasabah untuk menutup risiko yang dialami nasabah lain.

  • Membayar Klaim

    Jika terjadi klaim dari nasabah yang mengalami risiko, perusahaan asuransi harus membayar sesuai dengan ketentuan. Perusahaan asuransi akan membantu memastikan kejadian atas klaim yang dilakukan nasabah adalah benar-benar musibah dan bukan merupakan kejadian yang disengaja. Dalam klausul pemegang polis, biasanya tertera perjanjian bahwa kalau kejadian memiliki unsur kesengajaan, ganti rugi tidak akan diberikan perusahaan asuransi kepada orang orangnya.

Mengapa Anda memilih DISITU.com?

Karena DISITU.com berbeda dengan website lainnya, ketika Anda menginput data ke sistem kami, kami akan langsung memproses data pengajuan apa yang Anda butuhkan. Serta Anda dapat memilih dan membandingkan sendiri mitra mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai produk finansial kami tawarkan untuk Anda, mulai dari pinjaman uang, kredit konsumen sampai membeli asuransi. Sedangkan untuk produk asuransi, DISITU.com memiliki asuransi mobil, asuransi perjalanan dan membeli asuransi jiwa. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi, karena DISITU.com merupakan Sahabat Finansial yang akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan finansial yang Anda butuhkan