KEUNTUNGAN PENGAJUAN MELALUI DISITU.COM

bandingkan

Bandingkan Penawaran Langsung dari Berbagai Perusahaan Finansial

pilih

Pilih Penawaran yang Diterima Dari Perusahaan Finansial

lacak

Lacak Situs Pengajuan

keamanan

Keamanan Data Pribadi

gratis

Gratis Layanan Konsultasi

Pengertian Kredit Mobil Baru

Kredit mobil adalah salah satu kredit konsumtif dari institusi keuangan untuk memberi kredit kepada calon konsumen yang ingin memiliki mobil dengan dana yang terbatas. Dengan adanya kredit mobil, maka kebutuhan masyarakat untuk membelinya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hanya dengan dana terbatas yang dijadikan, sudah dapat memiliki kendaraan impian dari berbagai merek seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Jazz, Datsun, Suzuki, Mitsubishi dan merek lainnya. Setelah itu wajib melakukan pembayaran cicilan atau angsuran setiap bulannya selama waktu tertentu, sama halnya dengan kredit konsumtif lainnya (seperti kredit motor baru, kredit motor bekas dan kredit mobil bekas) atau produk pinjaman (seperti Kredit Multiguna, Kredit Tanpa Agunan)

Syarat Pengajuan Kredit Mobil Baru

Setiap institusi keuangan memiliki syarat yang berbeda-beda yang untuk pengajuan membeli mobil secara kredit sesuai dengan kebutuhan institusi keuangan tersebut. Berikut ini syarat umum yang wajib diperhatikan untuk pengajuan kredit mobil, sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan domisili tempat tinggal di Indonesia

  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (saat pelunasan kredit)

  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan

  • Uang muka antara 20% sampai 30% (sesuai Peraturan Bank Indonesia No 17/10/PBI/2015)

  • Jangka waktu pembiayaan (tenor) hingga 5 tahun

Hal Yang Diperhatikan dalam Pengajuan Kredit Mobil

  • Jenis dan Tipe Mobil

    Untuk saat ini ada beberapa jenis mobil yang ada di pasaran secara umum antara lain mobil SUV (Sport Utility Vehicle), mobil MPV (Multi Purpose Vehicle), mobil sedan, mobil Hatchback, dan City Car. Untuk memiliki mobil yang sesuai kebutuhan Anda, pastikan Anda untuk memilih jenis mobil dan kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian mobil idaman Anda.

  • Kondisi Finansial

    Pastikan kondisi finansial Anda tercukupi dengan memiliki kendaraan secara kredit. Lakukan perhitungan untuk pengeluaran tambahan Anda seperti biaya bahan bakar, biaya cicilan per bulan ditambah dengan biaya pengeluaran rumah tangga dalam satu bulan

  • Institusi Keuangan

    Pilihlah institusi keuangan yang sesuai dengan kondisi finansial Anda agar Anda dapat memiliki kendaraan secara kredit. Setiap institusi keuangan pasti akan memberikan pilihan untuk memilih uang muka, cicilan per bulan, jangka waktu kredit mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Cara Pengajuan Kredit Mobil

Untuk pengajuan kredit mobil dapat dilakukan melalui DISITU.com, berikut ini langkah mudah untuk cara pengajuannya kredit mobil antara lain

  • Pilih Mobil

    Apakah Anda sudah memilih merek, tipe dan jenis sebelum membeli mobil yang diinginkan? Untuk memilih mobil yang Anda butuhkan dan melakukan pembelian mobil secara kredit, carilah beberapa referensi mengenai mobil idaman Anda seperti mengunjungi dealer, showroom, website ataupun tempat pembelian mobil lainnya yang menyajikan detail informasi mobil tersebut. Melalui DISITU.com bisa mendapatkan informasi detail dari berbagai mobil

  • Isi Data Pengajuan Kredit Mobil

    Untuk mengajukan kredit mobil, pastikan usia Anda antara 21 tahun dan 55 tahun, karena diluar usia tersebut data pengajuan tidak akan diproses. Setelah memilih mobil idaman, Anda wajib untuk memberi informasi data diri yang sebenarnya dan data pengajuan kredit mobil. Anda akan diberi beberapa pilihan uang muka dan jangka waktu kredit. Naik turunnya uang muka langsung diberikan oleh institusi keuangan, dan uang muka dapat langsung Anda bayar dengan menggunakan kartu kredit atau transfer melalui bank. DISITU.com menjaga kerahasiaan setiap data yang masuk untuk mengajukan kredit mobil termasuk data kartu kredit sehingga Anda tidak perlu takut untuk memberi informasi data diri yang ada dalam pengajuan kredit mobil disebarluaskan.

  • Pilih Dealer dan Institusi Keuangan

    Tahap selanjutnya adalah Anda akan diberi beberapa pilihan untuk memilih salah satu dealer yang berada di sekitar wilayah Anda dan institusi keuangan yang akan menangani proses kredit mobil. Institusi keuangan akan memberikan penawaran secara online untuk uang muka, lama pinjaman, dan cicilan perbulannya. Besaran suku bunga langsung diberikan oleh institusi keuangan dimana rata - rata menggunakan menggunakan suku bunga tetap (fixed rate) tetapi ada juga yang menggunakan suku bunga mengambang (floating rate).

  • Konfirmasi Data Pengajuan

    Selanjutnya Anda akan dihubungi oleh Customer Service kami untuk verifikasi data pribadi seperti usia diri dimana usia minimal yang akan diproses data pengajuannya adalah 21 tahun, domisili tempat tinggal dan penghasilan per bulan. Setelah itu, DISITU.com akan mengirimkan informasi data diri Anda dan data pembelian mobil berdasarkan dealer yang Anda pilih tadi. Dan juga kepada institusi keuangan yang telah Anda pilih tadi, akan diberikan data pengajuan kredit mobil Anda. Pihak dealer akan menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi apakah Anda mengajukan membeli mobil melalui DISITU.com dan pihak institusi keuangan juga menghubungi Anda untuk memastikan apakah Anda benar untuk mengajukan kredit mobil dan melakukan verifikasi ulang data pengajuan yang bertujuan untuk menilai apakah layak untuk memberi layanan kredit mobil kepada Anda seperti usia minimal 21 tahun, domisili tempat tinggal, penghasilan per bulan.

  • Serah Terima Mobil

    Setelah data pengajuan kredit mobil disetujui oleh institusi keuangan, maka pihak dealer akan melakukan serah terima mobil untuk memberi mobil yang sesuai data pengajuan Anda. Setelah proses serah terima tersebut, Anda resmi menjadi pemilik kendaraan bermotor tersebut. Tapi jangan lupa agar untuk membayar cicilan setiap bulan nya selama periode kredit mobil.

Dokumen Yang Diperlukan Kredit Mobil Baru

Dokumen yang diperlukan antara setiap institusi keuangan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini dokumen standard yang rata-rata digunakan oleh institusi keuangan untuk mengajukan kredit mobil antara lain :

  1. Untuk Perorangan

  • Kartu Identitas (KTP, SIM, Paspor)

  • NPWP

  • Fotokopi bukti penghasilan (untuk karyawan dan profesional) atau rekening koran 3 bulan (untuk wiraswasta)

  • Fotokopi kartu keluarga

  • Fotokopi akte pendirian perusahaan /TDP dan SIUP (untuk wiraswasta)

  • Fotokopi keterangan izin praktek (untuk profesional)

  1. Untuk Badan Usaha

  • Fotokopi akte pendirian perusahaan

  • SK Menteri Kehakiman

  • KTP Pejabat yang berwenang

  • SIUP / Bukti Usaha / TDP / TDR

  • Surat Keterangan Domisili Usaha

  • NPWP

  • Rekening Koran Giro

Uang Muka Kredit Mobil Baru

Saat ini, Bank Indonesia menetapkan keringanan uang muka untuk memiliki mobil secara kredit. Aturan tersebut tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.17/10/PBI/2015 mengenai Rasio LTV atau Rasio Financing To Value, untuk Kredit atau Pembiayaan Properti dan Uang Muka Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor. Dimana menetapkan uang muka untuk kredit mobil berkisar antara 20% hingga 30% dari harga kendaraan. Uang muka atau down payment (DP) adalah jumlah persentase dari harga kendaraan yang harus dibayarkan ke pihak penjual saat awal membeli mobil. Naik turunnya persentase uang muka akan terus dimonitor oleh Bank Indonesia terhadap kondisi pangsa pasar.

Jenis Suku Bunga Pada Kredit Mobil

  1. Bunga Tetap (Fixed Rate)

    Besaran suku bunga sudah ditetapkan di awal masa kredit dan akan sama sampai akhir masa kredit. Jangka waktu kredit biasanya antara 1 tahun sampai 5 tahun

  1. Bunga Mengambang (Floating Rate)

    Besaran suku bunga yang berlaku mengikuti naik turunnya suku bunga di pasar. Suku bunga mengambang biasanya digunakan untuk kredit jangka panjang.

  1. Bunga Flat (Flat Rate)

    Suku bunga flat ini akan tetap selama jangka waktu yang sudah ditentukan, dan sisa waktu kreditnya akan menggunakan naik turunnya suku bunga pasar setiap tahunnya (bunga mengambang /  floating rate)

Simulasi Kredit Mobil

Anda ingin beli mobil senilai Rp 200.000.000 dengan secara kredit selama 2 (dua) tahun. Untuk dapat memiliki kendaraan impian, institusi keuangan yang Anda pilih memiliki syarat yaitu uang muka sebesar 25% dan besaran suku bunga per tahun sebesar 6%. Biaya administrasi yang dikenakan untuk beli mobil tersebut sebesar Rp 500.000 dan biaya asuransi sebesar 5% dari harga mobil, biaya polis asuransi sebesar Rp 50.000 serta biaya provisi sebesar 0,5% dari plafon kredit yang diberikan. Berikut ini akan dijelaskan simulasi kredit untuk beli mobil idaman tersebut:

Harga Mobil OTR: Rp 200.000.000,-

Uang Muka (25%) : Rp 50.000.000,

Lama Kredit (Tenor) : 2 tahun (24 bulan)

Suku Bunga (flat): 6% per tahun (0,5% per bulan)

Maka :

  • Plafon Pinjaman

    = Harga Mobil OTR - Uang Muka

    = Rp 200.000.000 - Rp 50.000.000

    = Rp 150.000.000

  • Angsuran Per Bulan

    = (Plafon Pinjaman : Tenor) + (Plafon Pinjaman * Suku Bunga Per Bulan)

    = (Rp 150.000.000,-: 24) + (Rp 150.000.000,- x 0,5%)

    = Rp 6.250.000,- + Rp 750.000,-

    = Rp 7.000.000,-

  • Pembayaran Pertama

    = Uang muka + Cicilan pertama + Asuransi + Polis Asuransi + Biaya Provisi + Administrasi

    = Rp 50.000.000 + Rp 7.000.000 + Rp 10.000.000 + Rp 50.000 + Rp 750.000 + Rp 500.000

    = Rp 68.300.000,-

Itulah simulasi kredit yang dapat dijelaskan kepada Anda, tapi yang perlu Anda ingat setiap institusi keuangan memiliki ketentuan masing-masing. Dan sebelum Anda beli mobil secara kredit, pastikan untuk melakukan simulasi kredit mobil untuk mengetahui kebutuhan keuangan Anda. Sama halnya jika Anda ingin memiliki mobil bekas secara kredit, pastikan juga untuk melakukan simulasi kredit untuk membeli mobil.

Asuransi untuk Kredit Mobil Baru

Vehicle insurance atau asuransi kendaraan berfokus pada penangguhan yang diberikan untuk kasus kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh pemegang polis asuransi, kerusakan kendaraan bermotor, maupun kehilangan kendaraan bermotor milik pemegang polis. Untuk memiliki mobil secara kredit, biasanya institusi keuangan telah bekerjasama dengan pihak asuransi untuk memberi layanan asuransi terhadap mobil yang akan di kredit selama masa kredit mobil tersebut. Akan tetapi jika beli mobil secara cash, pihak dealer tidak bekerjasama dengan pihak asuransi atas mobil yang dibeli tersebut. Jadi alangkah baiknya Anda menyertakan produk asuransi mobil ini pada saat membeli mobil impian Anda. Premi asuransi akan sesuai dengan kebutuhan Anda dan harga kendaraan yang Anda pilih. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki mobil bekas dan ingin melindungi mobil bekas Anda dari berbagai kerusakan bahkan kehilangan mobil bekas Anda.

  1. Asuransi All Risk atau Comprehensive

    Asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan dan penggantian biaya atau menjamin atas semua jenis risiko baik yang ringan maupun berat hingga risiko kehilangan kendaraan. Jadi perusahaan asuransi akan mengganti atau menanggung semua biaya yang berkaitan dengan risiko apapun yang terjadi pada kendaraan

  1. Asuransi Total Loss Only

    Asuransi kendaraan yang memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika kendaraan hilang akibat pencurian dan terjadi kerusakan kendaraan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75% harga mobil pada saat itu. Jika taksiran nilai perbaikan atas kerusakan mobil kurang dari 75% dari harga kendaraan, maka pengajuan klaim pasti akan ditolak oleh perusahaan asuransi

Pembayaran Cicilan Kredit Mobil

DISITU.com memberikan Anda berbagai kemudahan dalam pembayaran cicilan kredit mobil baru, dimana Anda tidak dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit tetapi Anda dapat melakukan pembayaran dengan cara berikut ini:

  • Sistem pembayaran dengan melakukan setoran manual/langsung ke teller.

  • Sistem pembayaran dengan menggunakan layanan e-channel bank: internet banking, mobile banking, atau ATM.

  • Sistem pembayaran dengan melakukan setoran otomatis (autodebet) dari rekening debitur.

  • Sistem pembayaran dengan metode transfer antarbank

Keuntungan Kredit Mobil Baru

  • Suku bunga kompetitif.

  • Proses cepat dan mudah.

  • Tenor atau jangka waktu kredit hingga 5 tahun.

  • Pembayaran cicilan yang dapat disesuaikan dengan kondisi finansial.

  • Jaminan asuransi terhadap mobil.

  • Mobil dapat langsung digunakan walaupun pembayaran belum lunas.

  • Dapat menambah penghasilan tambahan dengan adanya transportasi online.