Permata Bank

Permata Bank

PermataBank dibentuk sebagai hasil merger dari 5 bank di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), yakni PT Bank Bali Tbk, PT Bank Universal Tbk, PT Bank Prima Express, PT Bank Artamedia, dan PT Bank Patriot pada tahun 2002. Ke 5 bank tersebut sudah diakui oleh bank Indonesia. Bank Bali ditunjuk menjadi Bank Rangka dan pada tanggal 18 Februari 2002 berganti nama menjadi Bank Permata. Selain diakui oleh Bank Indonesia pada tahun 2004, Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk mengambil alih PermataBank dari PT Bank Bali dan perusahaan lainnya dan memulai proses transformasi secara besar-besaran didalam organisasi. Selanjutnya, sebagai wujud komitmennya terhadap PermataBank, kepemilikan gabungan pemegang saham utama ini meningkat menjadi 89,12% sejak 2006 hingga per Desember 2015.

Kombinasi unik dari kedua pemegang saham terbesar strategis merupakan salah satu kekuatan utama PermataBank. PT Astra International Tbk merupakan salah satu perusahaan konglomerasi terbesar di Indonesia dan memiliki pengalaman kuat di pasar domestik. Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk dengan keahlian dan pengalaman global terkemuka yang dimiliki mereka menjadikan PermataBank berada dalam posisi yang unik sebagai pemegang saham terbesar. Standard Chartered Bank dan PT Astra International Tbk masing-masing mempunyai kepemilikan saham PT Bank Permata Tbk (BNLI) sebesar 44,56%. Sebelumnya, diberitakan, saham Bank Permata akan dijual ke investor asal Jepang. Pihak Standard Chartered Bank disebut sebut sebagai pihak yang paling ngotot akan melepas saham Bank Permata, karena kinerja Bank Permata yang cenderung stagnan sangat sulit tanpa suntikan modal lagi. Meskipun menjadi pihak yang paling ngotot untuk melepas saham, Standard Chartered memegang sebanyak 12,50 miliar saham. Jumlah saham yang tergolong banyak tersebut membut Standard Chartered menjadi pihak yang paling ngotot untuk tidak melepas saham dari Permata selain PT Astra.

Setelah rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB). Beredar suatu rumor yang disebut sebut bahwa salah satu kandidat pembeli saham PT Bank Permata Tbk (BNLI) Stanchart adalah kongsi Texas Pacific Group (TPG) dengan pengusaha Patric Walujo pemilik Northstar. Selain itu disebut sebut juga bahwa penjualan saham tersebut akan dibeli oleh perusahaan asal jepang dan lebih mudah karena Astra dan Stancart sama-sama merupakan pemegang saham terbesar di BNLI dengan kepemilikan yang sama yaitu masing-masing 44,56%. Kemudian dari Jakarta CNBC Indonesia, rumor itu akhirnya menjadi kenyataan. Menurut Jakarta CNBC Indonesia, Stancart akhirnya berencana melepas kepemilikan saham di PT Bank Permata Tbk (BNLI). Pembeli-pembeli saham asal Jepang tersebut sudah memiliki afiliasi dengan bank-bank Indonesia.

Saat ini bank Permata telah berkembang menjadi sebuah bank swasta utama dengan bisnis bank yang menawarkan produk dan jasa inovatif serta komprehensif terutama di sisi delivery channel-nya termasuk Internet Banking dan Mobile Banking. Bank swasta ini juga memberikan beragam pilihan PermataKartu Kredit yang hadir untuk memenuhi kebutuhan Keluarga Anda. Adanya PermataMobile Kartu Kredit membuat pengalaman mobile banking lebih nyaman dengan teknologi terbaru ditambahkan dengan transaksi kartu kredit yang lebih aman dengan notifikasi langsung di ponsel Anda. Selain layanan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mengakses layanan administrasi Permata Mobile Banking. Fitur lainnya yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan Permata Mobile Banking, Anda bisa menggunakan log in finger print untuk mengamankan account tabungan. Untuk bisa menghindari keterlambatan pembayaran tagihan, Anda pun bisa menggunakan fasilitas recurring dan scheduled transfer yang telah disediakan oleh Permata Mobile Banking.

Internet Banking juga menjadi unggulan dari Bank Permata. Salah satu produk E-Banking dari Permata adalah Permata Net. Produk internet banking ini siap untuk melayani segala kebutuhan Anda dan dapat diakses melalui Desktop atau Laptop Anda. Sebelum menggunakan fitur internet banking dari Permata Net, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu yang dapat Anda lakukan secara online. Terdapat 120 fitur yang dapat Anda nikmati dengan menggunakan internet banking dari Bank Permata seperti transfer antar bank hingga pembayaran tagihan.

Dari pilihan bisnis bank untuk fokus di segmen konsumer dan komersialnya, Bank Permata memiliki aspirasi untuk menjadi penyedia jasa keuangan terkemuka di Indonesia, dengan fokus di segmen Konsumer dan Komersial. Mmeiliki bisnis bank dengan fokus di segmen konsumer dan komersial, bank swasta ini membangun infrastruktur terbaik dan memberikan produk dan memberikan layanan yang mumpuni. Melayani lebih dari 2 juta nasabah di 62 kota di Indonesia, per Desember 2016 Bank Permata memiliki 331 cabang (Cabang konvensional dan Syariah termasuk memberikan layanan sebanyak 340 layanan syariah), 22 Cabang Bergerak (Mobile Branch), enam Payment Point, 1012 ATM dengan akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima) dan jutaan ATM di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus. Bank Permata juga memberikan layanan Cash Management yang terintegrasi sehingga dapat menjadi solusi bagi korporasi dalam hal account services, penerimaan, pengelolaan dana dan pembayaran yang terintegrasi. Selain itu menurut Jakarta CNBC Indonesia, saham BNLI terus mengalami kenaikan semenjak menjadi top gainer pada bulan Januari 2019.

Direktur Utama bank swasta Bank Permata Ridha DW Wirakusumah bahkan mematok angka pertumbuhan nasabah hingga dua kali lipat dari jumlah nasabah yang saat ini berjumlah lebih dari 2 juta nasabah hingga 2020 mendatang. Hal yang dapat mewujudkan kedatangan nasabah yang lebih dari 2 juta nasabah tersebut adalah aplikasi digital dari Permata Bank yang bernama PermataMobile X.

Pengakuan terkini atas pencapaian Bank Permata antara lain adalah “Excellent Service Experience Award 2016” dalam kategori Regular Banking dan Sharia Banking dengan predikat EXCELLENT, oleh Majalah Service Excellence dan Carre CCSL; Contact Center Service Excellence Award (CCSA) 2016, Exceptional Grade – untuk kategori Banking, Credit Card, Priority Banking, Platinum Credit Card dan Sharia Banking; “Best Business Model Execution” oleh The Asian Banker Indonesia Country Awards 2016; “Most Efficient Bank” kategori Bank Buku III oleh Bisnis Indonesia Banking Award 2016; Bronze Awards untuk kampanye digital PermataTabungan Bebas #Sayang Uangnya untuk kategori Digital Integrated Campaign - Social Movement Digital Campaign oleh Pinasthika Award; Gold dan Bronze Stevie Awards untuk kampanye digital PermataTabungan Bebas #Sayang Uangnya masing-masing untuk kategori Innovation in the use of Word of Mouth dan Innovation in the use of Social Media; serta Bronze Stevie Awards untuk event Wealth Wisdom The Essence of Wealth untuk kategori Innovation in the use of Event.

Bank Permata tergabung dalam ATM Prima bersama bank-bank ternama lainnya. ATM Prima merupakan salah satu produk dari jaringan PRIMA yang menghubungkan transaksi finansial antar bank pada semua jaringan ATM di seluruh Indonesia. Efisiensi waktu juga ditawarkan oleh ATM Prima bagi nasabah mitra bank.

PT. Bank Permata Tbk memperoleh izin sebagai bank umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan No.19371/U.M.II tanggal 19 Februari 1957.

Visi
Pelopor dalam memberikan solusi finansial yang inovatif

Brand Promise
Menjadikan hidup lebih bernilai
Mewujudkan brand promise di kehidupan sehari-hari dengan menjalankan nilai-nilai perusahaan dalam bekerja, bersikap, serta berperilaku terhadap customer, rekan kerja,  komunitas, investor, dan regulator
 

Produk Dan Layanan