FAQ


Frequently Asked Questions

Umum

Apa itu Disitu ?

Disitu adalah sebuah situs yang menjadi jembatan antara Pengguna yang membutuhkan layanan keuangan dengan institusi-institusi keuangan, misalnya perusahaan pembiayaan.

Apa Saja Layanan yang Disediakan Oleh Disitu?

Disitu membantu para Pengguna-nya untuk mendapatkan pinjaman dana tunai dalam memenuhi berbagai kebutuhan pribadi dengan memanfaatkan fasilitas kredit dengan agunan atau biasa dikenal dengan istilah kredit multiguna.

Apakah Saya Harus Mendaftarkan Diri Untuk Bisa Mengajukan Pinjaman?

Ya, Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu untuk dapat mengajukan pinjaman. Anda dapat mendaftarkan diri dengan menggunakan akun Google Anda, akun Facebook Anda, ataupun dengan mendaftarkan diri Anda secara manual dengan mengisi form pendaftaran yang kami sediakan. Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk dapat menggunakan fasilitas kami. Klik Disini untuk Daftar.

Bagaimana Jika Saya Sudah Pernah Mendaftar Tapi Lupa Kata Sandi Saya?

Disitu sangat mengutamakan kemudahan bagi para Pengguna-nya. Anda dapat menggunakan fitur Lupa Kata Sandi jika Anda melupakan kata sandi Anda. Klik Disini untuk Ganti Kata Sandi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Poin Avatar?

Poin Avatar adalah poin yang dapat Anda kumpulkan melalui berbagai aktivitas yang ada di Disitu. Beberapa contoh kegiatan yang dapat menambah poin avatar Anda seperti share artikel Disitu ke media sosial, melakukan pengajuan pinjaman, melakukan pemilihan penawaran dari Perusahaan Pembiayaan, bahkan bermain permainan Hangman ataupun Tebak Gambar. Tunggu apalagi, segera kumpulkan poin-nya. Avatar Anda akan berubah mengikuti jumlah poin yang Anda miliki. Untuk melihat informasi lengkap mengenai avatar, lakukan login menggunakan akun Anda dan buka menu Info Avatar dengan klik gambar avatar Anda.

Bagaimana Cara Saya Bermain Permainan yang Ada di Disitu?

Cukup lakukan login menggunakan akun Anda, dan Anda dapat segera memainkan permainan Hangman ataupun Tebak Gambar dari kami

Bagaimana Caranya Agar Nyawa Saya Bertambah Jika Sudah Habis?

Nyawa Anda akan bertambah setiap 1 jam. Jumlah maksimal yang dimiliki masing-masing Pengguna adalah 5 nyawa. Jika nyawa Anda sudah terisi penuh, nyawa Anda tidak akan bertambah lagi, kecuali sudah digunakan.


Kredit Multiguna

Apa yang dimaksud Kredit Multiguna?

Kredit Multiguna adalah sebuah fasilitas pendanaan dalam bentuk pemberian pinjaman dana untuk kebutuhan pribadi peminjam (debitur). Persyaratan utama dari Kredit Multiguna adalah debitur diharuskan memberikan jaminan (agunan). Besarnya nilai jaminan akan menjadi tolak ukur besar pinjaman dana yang dapat diberikan kepada debitur.

Apa saja Kebutuhan yang Dapat Dibiayai dengan Kredit Multiguna?

Sebagian besar kebutuhan pribadi bisa diakomodir dengan kredit multiguna, sebut saya biaya untuk pendidikan, renovasi rumah, pernikahan, pembelian barang elektronik, pengobatan, liburan, pindahan, dan berbagai kebutuhan pribadi lainnya.

Siapa saja yang dapat mengajukan Kredit Multiguna?

Yang dapat mengajukan Kredit Multiguna adalah seorang karyawan, wirausahawan, ataupun profesional (dokter, atlet olahraga, seniman, dan profesi-profesi lainnya).

Apa Persyaratan Utama yang Harus DIpenuhi untuk Pengajuan Kredit Multiguna melalui Disitu?

Syarat utama untuk pengajuan kredit multiguna melalui Disitu adalah harus melampirkan foto KTP dan foto STNK (jika akan menjaminkan motor/mobil) atau foto PBB (jika akan menjaminkan bangunan)

Apa Persyaratan Umum Lainnya yang harus Dipenuhi untuk Pengajuan Kredit Multiguna?

1. Warga Negara Indonesia atau pemilik KITAS (Kartu Izin Tinggal Semetara)
2. Berdomisili di Indonesia
3. Usia pemohon diatas 21 tahun dan dibawah 60 tahun* di akhir masa kredit
4. Memiliki pendapatan tetap setiap bulannya
5. Umur maksimum aset yang akan dijaminkan adalah 9 tahun (untuk motor) atau 17 tahun (untuk mobil)
6. Bersedia menyerahkan BPKB (jika jaminan-nya adalah mobil/motor) atau Sertifikat Bangunan (jika jaminan-nya bangunan) kepada pihak institusi pembayaran selama masa kredit
* Bisa berbeda-beda, tergantung masing-masing Institusi Pembayaran.

Bagaimana Caranya Mengajukan Pinjaman?

1. Masukkan besar pinjaman yang diinginkan, jangka waktu peminjaman, dan tipe aset yang akan dijaminkan.
2. Lengkapi data diri Anda, upload foto KTP dan STNK (jika aset yang dijaminkan Motor/Mobil) atau PBB (jika aset yang dijaminkan adalah bangunan)
3. Setelah mengirim pengajuan Anda, Anda akan mendapat penawaran dari beberapa Perusahaan Pembiayaan.
4. Bandingkan masing-masing penawaran dan pilih penawaran yang paling sesuai untuk Anda.
5. Setelah Anda memilih penawaran dari salah satu Perusahan Pembiayaan, Anda akan segera dihubugi oleh Perusahaan Pembiayaan yang bersangkutan.
6. Setelah proses survey dan verifikasi dari Perusahaan Pembiayaan selesai, uang pinjaman Anda segera dicairkan ke rekening Anda.

Mengapa Saya Perlu Melengkapi Foto KTP, Data Alamat Domisili dan Foto STNK atau PBB saya?

Foto KTP diperlukan oleh perusahaan pembiayaan untuk memastikan bahwa Anda adalah WNI. Data alamat domisili dibutuhkan untuk mengetahui apakah area domisili Anda masih dalam jangkauan perusahaan pembiayaan rekanan Disitu. Sedangkan untuk foto STNK atau PBB, diperlukan untuk menghitung berapa besar nilai pinjaman yang dapat diberikan oleh perusahaan pembiayaan.

Apakah Besarnya Nilai Cicilan yang Ada di Simulasi Pinjaman Adalah Nilai yang Sebenarnya?

Tidak. Besarnya nilai cicilan yang tampil di Simulasi adalah nilai yang belum pasti, namun nilainya tidak akan terlalu berbeda jauh dengan nilai cicilan asli. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan bunga di masing-masing perusahaan pembiayaan. Besarnya nilai cicilan akan menjadi pasti setelah Anda mendapatkan penawaran dari perusahaan pembiayaan.

Berapa Lama Saya Harus Menunggu untuk Mendapatkan Penawaran dari Perusahaan Pembiayaan?

Rata-rata, Anda akan mendapatkan penawaran dari Perusahaan Pembiayaan dalam waktu kurang dari 1 jam. Apabila Anda belum mendapatkan penawaran setelah lebih dari 1 jam, Anda dapat menghubungi Helpdesk Disitu dan Helpdesk kami akan membantu mengecek data Anda.

Ada Berapa Banyak Penawaran yang Bisa Saya Terima untuk Pengajuan Pinjaman Saya?

Untuk masing-masing pengajuan, Pengguna bisa mendapatkan maksimal 9 penawaran dari 3 Multifinance yang berbeda. Jumlah penawaran pasti yang bisa didapatkan oleh Pengguna berbeda-beda tergantung dari jumlah, lama pinjaman dan jenis jaminan yang diajukan oleh Pengguna.

Mengapa Pada Penawaran yang Saya Dapatkan, besar pencairan yang ditawarkan berbeda dengan yang Saya Ajukan?

Besarnya pinjaman yang dapat diberikan oleh Perusahaan Pembiayaan mungkin berbeda dari yang Anda ajukan karena besarnya pinjaman yang bisa diberikan akan mengacu pada nilai jaminan yang Anda ajukan. Semakin besar nilai jaminan yang Anda ajukan, semakin besar pinjaman yang bisa Anda dapatkan

Apakah Ada Biaya-Biaya Lain yang Harus Saya Bayar Diluar yang Tertulis di Penawaran?

Tidak ada. Semua biaya-biaya sudah langsung dipotong dari nilai pencairan yang akan Anda dapatkan. Jadi, Anda tidak perlu membayar biaya-biaya lainnya lagi.

Apakah Saya Memiliki Waktu Sebelum Saya Memutuskan Penawaran Mana yang Akan Saya Pilih?

Disitu sangat mengutamakan kenyamanan Pengguna-nya, karena itu Disitu memberikan batas waktu maksimal 7 hari sejak penawaran diterima oleh Pengguna. Selama periode tersebut, Pengguna memiliki waktu untuk memikirkan penawaran mana yang akan dipilih.

Bagaimana Jika Saya Tidak Memilih atau Lupa Memilih Setelah Lewat 7 hari?

Jika tidak ada satupun penawaran yang Anda pilih setelah lewat 7 hari, maka proses pengajuan Anda akan kami anggap batal. Anda dapat melakukan pengajuan ulang kembali.

Kenapa Batas Waktu yang Diberikan Hanya 7 hari? Kenapa Tidak Lebih Lama?

Suku bunga yang diberikan oleh Perusahaan Pembiayaan bersifat dinamis, sangat mungkin ada perubahan suku bunga pada periode tertentu. Karena itu, Disitu hanya mengakomodir proses pemilihan dalam jangka waktu 7 hari.

Apakah Setelah Saya Memilih Penawaran, Saya Bisa Langsung Mendapatkan Pencairan Dana?

Tidak. Karena setelah Anda memilih penawaran, akan ada proses verifikasi data dan survei yang dilakukan oleh Perusahaan Pembiayaan yang telah Anda pilih. Setelah proses verifikasi dan survei selesai dan Anda dinyatakan layak untuk menerima kredit, pinjaman Anda akan segera dicairkan.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Proses Verifikasi dan Survey?

Waktu yang dibutuhkan untuk proses verifikasi dan survey berbeda tergantung masing-masing Perusahaan Pembiayaan. Umumnya, proses kerja memakan waktu 2-5 hari asalkan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan lengkap

Saya Telah Mengajukan Pinjaman, Tapi Kenapa Tidak Ada Penawaran yang Saya Terima?

Ada beberapa alasan mengapa seorang pengguna tidak menerima satupun penawaran dari perusahaan pembiayaan. Adapun alasan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Area domisili Anda tidak dicover oleh satupun perusahaan pembiayaan rekanan Disitu.
2. Aset yang Anda ajukan sebagai jaminan tidak sesuai ketentuan (misalnya umur kendaraan yang terlalu tua, merk kendaraan yang diajukan tidak umum digunakan di Indonesia, atau bangunan yang Anda ajukan berada di tempat terpencil)
Kami menghargai Anda, karena itu tim Helpdesk Disitu akan menginformasikan kepada Anda alasan mengapa tidak ada penawaran yang Anda terima dan akan membantu mencarikan solusi supaya proses pengajuan pinjaman Anda dapat dilanjutkan.

Bagaimana Cara Saya Membayar Cicilan Tiap Bulannya?

Pembayaran cicilan bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Melakukan setoran manual ataupun transfer ke rekening Perusahaan Pembiayaan
2. Melakukan setoran otomatis (autodebet) dari rekening Pengguna
3. Pembayaran secara langsung melalui teller
4. Pembayaran melalui berbagai channel, misalnya internet banking, mobile banking, ATM, maupun merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Perusahaan Pembiayaan yang bersangkutan.
Yang perlu diingat, metode pembayaran yang bisa dipilh berbeda-beda tergantung dari Perusahaan Pembiayaan dimana Anda mengajukan pinjaman.

Apakah Ada Biaya Penalti Jika Saya Melakukan Pelunasan Lebih Cepat dari Jangka Waktu yang Ditentukan?

Pada umumnya, ada biaya penalti yang akan dikenakan jika Anda melakukan pelunasan yang lebih cepat dari yang telah ditentukan sebelumnya. Besarnya nilai penalti berbeda-beda, sesuai kebijakan Perusahaan Pembiayaan masing-masing.

Apa Kelebihan Kredit Multiguna Dibanding Kredit-Kredit lainnya?

Kelebihan kredit multiguna adalah sebagai berikut:
1. Bisa mendapatkan pinjaman dengan limit yang besar (bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran)
2. Bisa mendapatkan tenor yang lebih panjang sehingga memperkecil cicilan per bulan

Apa Kekurangan kredit Multiguna?

Untuk mengajukan kredit multiguna, debitur harus memiliki jaminan. Sehingga apabila tidak ada jaminan, maka debitur tidak bisa mengajukan pinjaman. Selain itu, proses pengajuan untuk kredit multiguna sedikit lebih lama dari proses pengajuan Kredit Tanpa Agunan karena institusi keuangan membutuhkan waktu untuk melakukan penilaian terhadap jaminan yang dijaminkan debitur.

Jika Saya Mau Menjaminkan Bangunan, Apakah Ada Kondisi-Kondisi Tertentu Yang Harus Saya Penuhi?

Untuk jaminan berupa bangunan, Anda wajib menyediakan sertifikat dalam bentuk SHM (Sertifikat Hak Milik) atau SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) dan terdapat bangunan yang berdiri, misalnya rumah atau ruko. Bangunan yang dijaminkan tidak boleh terletak di dalam gang yang tidak bisa dilalui oleh mobil, area dekat sutet, area banjir, area kumuh, area di dekat kali, maupun area di dekat kuburan.


Lainnya

Apabila Ada pertanyaan lainnya yang jawabannya tidak Anda temukan di halaman ini, silahkan menghubungi Helpdesk kami dengan melakukan chat online, telepon di nomor 021-5367 5070, ataupun melalui Line/Whatsapp di nomor ini 0815 8474 7990. Kami siap membantu Anda.